Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Efisiensi Energi: Indonesia Siap Jadi Negara Maju dan Mandiri

BPPT mendukung penuh terwujudnya kemandirian dan ketahanan energi Indonesia. Kepala Balai Besar Teknologi Energi (B2TE) BPPT, Andhika Prastawa, dalam laporannya pada acara Energy Partners Gathering 2014 di Auditorium BPPT, Kamis (4/12), mengatakan BPPT merespon kebutuhan energi di Indonesia dengan menyediakan fasilitas-fasilitas laboratorium uji yang terakreditasi.

 

"Laboratorium uji yang ada di B2TE telah disertifikasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional). Itu semua adalah upaya aktif BPPT dalam memperkuat ketahanan energi nasional sekaligus juga ikut mengurangi emisi gas rumah kaca secara global," terang Andhika.


Kepala BPPT, Unggul Priyanto saat membuka acara, menilai bahwa kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah akan berdampak langsung terhadap pasokan energi nasional. "Negara dengan tingkat pertumbuhan perekonomian yang tinggi akan membutuhkan pasokan energi yang besar. Itu hanya bisa diwujudkan dengan adanya jaminan ketersediaan energi dari pemerintah," ujarnya.


Menurut Unggul, saat ini telah ada pergeseran paradima terkait penggunaan energi, dari paradigma supply side management menjadi demand side management. Dengan adanya pergesaran tersebut, efesiensi energi dengan memanfaatkan energi terbarukan akan tercapai.


"BPPT telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan terkait efisiensi energi. Di antaranya, BPPT telah melakukan audit energi untuk PT Semen Padang, dimana rekomendasinya adalah memanfaatkan sisa panas pada proses produksi untuk dijadikan energi listrik hingga sebesar 6 Mega Watt. Atas hasil tersebut, PT Semen Padang berhasil meraih ASEAN Energy Award untuk Cogeneration Heat and Power," jelas Unggul.


Sebagai wujud nyata BPPT dalam mendukung ketersediaan energi nasional, di tempat yang sama juga dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Kerja Sama antara BPPT dengan Continental Wind Partners (CWP) tentang Pengembangan Wind Farm di Kabupaten Lebak, Takalar dan Lombok Timur. BPPT juga melakukan kerjasama serupa dengan industri dalam negeri, yakitu dengan PT Rancang Bangun Putera Nusantara tentang pembangunan wind farm di Kabupaten Garut.


"Dengan terus memberikan rekomendasi penggunaan energi, baik kepada pihak swasta maupun masyarakat, BPPT optimis target pemerintah melakukan efesiensi energi hingga sebesar 30 persen dapat tercapai. Target Indonesia menjadi negara maju dan mandiri energi, akan segera terealisasi," tegas Unggul. (tw/SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id