Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Wujudkan Transparansi Pembangunan Tangsel, Walikota Airin Manfaatkan SIMRAL BPPT

Pemerintah Kota Tangerang Selatan bekerjasama dengan BPPT menerapkan Sistem Informasi Perencanaan, Penganggaran, dan Pengelolaan Keuangan Daerah Terpadu (SIMRAL) agar tiap perencanaan pembangunan terintegrasi dengan penganggaran dan pengelolaan keuangan daerah. Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material, Hammam Riza menerangkan bahwa SIMRAL ini merupakan wujud inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk membangun tertib administrasi dan terjaganya konsistensi data pembangunan daerah.

 

 

Dengan demikian, lanjut Hammam pengelolaan program dan kegiatan pembangunan serta pengelolaan keuangan daerah nya bisa dipertanggungjawabkan, dan transparan. Diharapkan juga dengan menggunakan SIMRAL ini tidak ada usulan rencana program dan kegiatan pembangunan daerah yang tidak diketahui asal usulnya, tidak diketahui siapa yang bertanggung jawab terhadap usulan program kegiatan pembangunan daerah tersebut. “Bahasa populer nya tidak ada lagi usulan rencana program dan kegiatan pembangunan yang Siluman,” katanya saat menerima kunjungan jajaran Pemerintah kota Tangerang Selatan yang dipimpin oleh Walikota, Airin Rachmi Diany, ke Puspiptek, Tangsel (19/3).

 

 

Walikota Tangsel pada kunjungaannya ini juga  melihat langsung fasilitas Laboratorium Inovasi TIK milik BPPT. Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan pemaparan produk inovasi dan layanan teknologi BPPT khususnya bidang TIK, diantaranya Perisalah, KTP-el multiguna, Data Center IPTEKnet untuk e-Pemerintah serta aplikasi e-Kesehatan.

 

Menyambut baik paparan yang diberikan BPPT, Walikota Airin menuturkan bahwa sejak tahun 2014 Pemerintah Kota Tangerang Selatan bekerjasama dengan BPPT sudah memanfaatkan Sistem Informasi Perencanaan, Penganggaran, dan Pengelolaan Keuangan Daerah Terpadu (SIMRAL) yang dikembangkan oleh PTIK BPPT. “SIMRAL dimanfaatkan untuk pencatatan dan pengolahan hasil musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang), baik ditingkat kelurahan maupun kecamatan. Dan nantinya untuk data perencanaan pembangunan yang berupa usulan kegiatan pembangunan dari hasil musrenbang tersebut bisa dilihat dan diakses oleh masyarakat luas dengan menggunakan sistem yang disebut dengan e-Musrenbang,” jelas Airin.

 

Selain itu, tambahnya, SIMRAL juga telah digunakan oleh pemerintah kota Tangerang Selatan untuk mencatat, dan mengolah data anggaran pembangunan tahun anggaran 2015 serta penatausahaan keuangannya. Pengolahan data anggaran pembangunan atau RKA (Rencana Kerja dan Anggaran) sering kali orang mengenalnya dengan sebutan e-Budgeting.

 

Sebagai informasi, e-Budgeting ini merupakan salah satu modul dari SIMRAL yang merupakan suatu sistem yang mengintegrasikan antara data perencanaan pembangunan yang terdiri dari pencatatan dan pengolahan data musrenbang kelurahan/desa, musrenbang kecamatan, forum SKPD, musrenbang kota serta data RKPD, dan Renja SKPD, dengan penganggaran PPAS, RKA, DPA dan Anggaran Kas serta  penatausahaan atau pengelolaan keuangan sampai dengan akuntansi dan pelaporan pertanggungjawaban. (PTIK/SYRA/Humas)

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id