Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT : Standard dan Regulasi Komunikasi Optik Untuk Mendukung Jaringan Pita Lebar  

 

“Seperti diketahui, jaringan pita lebar mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, dan komunikasi optik merupakan salah satu teknologi yang mampu menyediakan kapasitas besar sebagai tulang punggung jaringan pita lebar.” Demikian diungkap Direktur Pusat Teknologi Elektronika, Yudi Purwantoro saat memberi sambutan acara FGD Standar dan Regulasi Komunikasi Optik untuk  Mendukung Jaringan Pita Lebar di Puspiptek, Serpong, (10/5).

 

 

Di samping itu peranan pemerintah adalah sebagai regulator dan komunitas dalam mendukung inovasi pada komunikasi optik. “Contohnya penyiapan sumber daya manusia yang kompeten dalam menggelar dan mengelola jaringan komunikasi optik serta dapat berinovasi dalam menghasilkan nilai tambah dari ketersediaan jaringan pita lebar ini,” tambahnya.

 

Pada kesempatan yang sama Direktur Telekomunikasi Khusus Penyiaran Publik dan Kewajiban Universal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail menekankan pentingnya pengembangan broadband atau pita lebar.

 

 

 

“Pasalnya, jaringan pita lebar sendiri merupakan jalur akses layanan internet yang mestinya dibuat kenceng seiring dengan makin banyak aplikasi yang akan menggunakannya di masa depan. Aplikasi yang akan melalui pita lebar makin banyak dan jika tidak dibarengi dengan pembangunan pita lebar akan terjadi macet, minimal 25 persen saja dari jumlah penduduk, sisanya menggunakan satelit” pungkasnya. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id