Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Dukung Pilkades Pemalang Secara Elektronik, BPPT Siapkan Perangkat E-Verifikasi Untuk Cek KTP El

bppt.go.id - Pemalang. Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten Pemalang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) secara elektronik atau lebih dikenal dengan e-voting, besok, Minggu (25/09). Pemilihan secara serentak akan dilakukan di 11 desa dengan total pemilih 59.950 dari 44 dusun.

 

Menurut Perekayasa Utama BPPT Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Andrari Grahitandaru, BPPT mendampingi seluruh proses pemilihan ini. "BPPT telah melakukan pendampingan di lebih dari 500 pilkades secara elektronik di 10 Kabupaten di Indonesia. Khusus untuk pilkades Pemalang,  kami telah melengkapi e-voting dengan e-verifikasi, perangkat pembaca ktp El," terangnya. 



E-verifikasi, lanjut Andrari, bermanfaat untuk meminimalisir permasalahan yang kerap terjadi saat pemilihan. Dengan adanya perangkat e-verifikasi, maka pemilih ganda serta pemilih tidak sesuai domisili dan pemilih NIK ganda dapat di cegah.


"Pemilih yang datang tidak cukup hanya dengan membawa undangan saja, tapi harus juga membawa ktp El untuk di verifikasi. Bagi yang belum punya dapat membawa surat keterangan. Dengan begini maka seluruh proses pemilihan dapat terekam dengan jelas," ujar Andrari.


Ia menambahkan, pemilihan yang masih menggunkaan sistem manual juga dapat menghasilkan pemilu yang akurat dengan menggunakan e-verifikasi di karenakan kontrol didalam sistem.


"Begitu proses pemilihan di tutup, maka data berapa jumlah pemilih yang hadir dan memilih langsung terekam. Jadi jumlah suara didalam kotak suara, harus sesuai juga dengan data yang terekam. Misal dalam  data ada 500 orang yang memilih, maka dalam kotak suara pun pasti berjumlah 500. Jadi e-verifikasi bisa disandingkan dengan sistem pemilihan manual sebagai pengganti undangan dan tinta," papar Andrari.


Dirinya pun memuji dukungan Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam hal pilkades secara e-voting ini. Bahkan, panitia juga menyiapkan perangkat bagi pemilih disabilitas. "Ini adalah pesta demokrasi rakyat.Semua orang punya hak yang sama," tandasnya. (Humas/HMP)



FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id