Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

ADS-B Sistem Navigasi Dalam Dunia Penerbangan Karya Anak Negeri

Menristek Dikti Muhammad Nasir dan Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau sistem radar buatan anak negeri di Jakarta Air Traffic Service Center, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. (7/12) Sistem navigasi pernerbangan tersebut adalah Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B) yang merupakan sistem navigasi dalam dunia penerbangan yang mampu menangkap informasi yang dipancarkan oleh pesawat.

 

 

ADS-B yang dikembangkan mampu menangkap signal dari transponder yang dimiliki setiap pesawat sipil dalam radius 200 mil, sehingga setiap pergerakan pesawat akan terdeteksi. Sistem ini dikembangkan oleh BPPT bersama PT INTI.

 

Pada kesempatan tersebut Budi mengapresiasi BPPT yang telah berhasil mengembangkan alat pengindraan udara. “Ini adalah hasil karya anak bangsa, kami bangga dan mengapresiasi  BPPT yang sudah bisa mengembangkan alat ADS-B yaitu alat penginderaan udara yang selama ini masih impor," jelas Budi.

 

Saat ini teknologi ADS-B telah diuji coba di dua bandara yaitu Bandara Hussein Sastranegara Bandung dan Bandara Ahmad Yani Semarang. Di mana hasil pengujiannya dinyatakan baik oleh Kemenhub. Karena itu, lanjut Budi, dalam waktu dekat Kemenhub akan segera mengeluarkan sertifikasi.

 

Dikesempatan yang sama, Menristekdikti berharap teknologi buatan anak bangsa ini dapat berkompetisi dengan teknologi dari luar negeri. Dengan keunggulan harga yang lebih terjangkau dapat menarik minat bandara lainnya di Indonesia. “Saya tidak mau hasil inovasi ini memiliki deviasi tinggi, deviasinya harus zero, artinya teknologi kita dapat berkompetisi dengan luar negeri”, ungkapnya.

 

Sementara itu, Kepala BPPT Unggul Priyanto menjelaskan sistem navigasi ADS-B tersebut sudah diterapkan di Bandung dan Semarang. “Sejauh ini, sistem berjalan dengan baik tanpa hambatan”, ujar Unggul. Alat tersebut juga bisa dipakai disemua bandara, kedepan bisa juga dipakai untuk pendeteksi pergerakan yang ada di darat itu bisa di minimalasir dengan alat ini. Ada 370-an bandara di Indonesia 30 sudah memasang ADS-B. Unggul berharap kedepan tingkat komponen dalam negeri bisa kita tingkatkan. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id