Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Inovasi Teknologi e-Verifikasi BPPT Siap diuji di Pilkada DKI


 
Menjelang Pilkada DKI Jakarta, BPPT sudah mengusulkan pemakaian verifikasi identitas pemilih secara elektronik atau e-Verifikasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan KPU DKI.
 
 
Meski nampaknya belum ada kesiapan dari aspek legalitasnya, namun saat ini BPPT telah menyiapkan perangkat dan aplikasi untuk mendeteksi apakah KTP-el pemilih palsu atau tidak.
 
 
Perangkat model e-Verifikasi ini dikatakan Kepala Program Pemilu Elektronik BPPT, Andrari Grahitandaru, dapat diuji di TPS-TPS rawan, atau TPS yang jumlah pemilih tambahannya terbilang banyak.
 
 
Sesuai peraturan KPU Nomor 10 tahun 2016 bahwa pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya di TPS sesuai domisili dengan menunjukkan KTP-el, dan dilaksanakan antara jam 12.00 sd 13.00.
 
 
"Nah, disinilah potensi adanya KTP-el palsu hasil penggandaan, yang akan digunakan sebagai bukti identitas pemilih tambahan, rawan terjadi," papar Andrari.
 
 
 
 
Untuk itu tambahnya, BPPT juga telah menyiapkan aplikasi pembaca KTP-el yang menampilkan foto dalam KTP-el, yang dapat digunakan dari HP berbasis Android yang dapat membaca chip KTP-el melalui media NFC di HP.
 
 
"Telah disiapkan juga program aplikasi smartphone NFC untuk membaca data foto elektronik KTP-el. Rata-rata 4 detik utk dapat menampilkan foto yang dibaca dari chip KTP-el," tuturnya.
 
 
Andrari juga menyebut bahwa BPPT telah menerapkan e-Verifikasi pemilih, pada Pemilihan Kepala Desa secara elektronik, sejak Tahun 2015. e-Verifikasi pemilih menggunakan KTP-el, kata Andrari, diawali pertama kali di Pilkades Boalemo secara serentak di 36 desa,
 
 
 
"Seiring maraknya isu KTP-el palsu jelang Pilkada DKI 2017,  kami mengingatkan akan usulan BPPT sejak 2015 bahwa pemilih yang datang ke TPS wajib diverifikasi. Minimal pemilih datang ke TPS membawa KTP el atau identitas yang sah," tutup Andrari. (Humas/HMP)
 
Pewarta/ed: SP
FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id