Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Terima Sertifikasi KAN, Deputi Hammam: Ini Laboratorium TIEM Ke Empat Yang Terakreditasi

Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material BPPT (TIEM), Hammam Riza, menerima plakat sertifikasi akreditasi 17025:2008 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk Laboratorium Pengujian Pusat Teknologi Material di PUSPIPTEK, Serpong, Senin (8/05).


Menurut Hammam, diterimanya sertifikasi ini menambah jumlah laboratorium milik Kedeputian TIEM yang terakreditasi. "Dari total 11 laboratorium BPPT yang terakreditasi, empat diantaranya berada dilingkup TIEM. Pertama adalah laboratorium energi, kedua adalah laboratorium teknologi informasi dan komunikasi, kemudian laboratorium polimer dan yang terbaru adalah laboratorium material," terangnya.

 


Ia menambahkan, kegunaan laboratorium material ini adalah untuk meningkatkan manfaat dari sumber daya alam Indonesia yang selama ini justru lebih banyak di ekspor. "Kita fokus pada inovasi bahan baku yang dibutuhkan oleh industri. Dengan adanya akreditasi ini, pihak industri tidak perlu ragu lagi terhadap inovasi kami," ucap Hammam.


 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi KAN, Dede Erawan menegaskan bahwa akreditasi ini diakui baik di Indonesia maupun di internasional. "KAN juga diakreditasi oleh lembaga internasional. Jadi laboratorium yang kami akreditasi pun diakui," terang Dede.


Hakekat dari akreditasi menurut Dede adalah sebuah pengakuan formal. Dengan terakreditasinya suatu lembaga atau laboratorium, sudah menjadi jawaban atas kemampuan yang dimiliki. "Kita tidak perlu lagi bersusah payah membuktikan. Akreditasi ini sudah menunjukan bahwa kita layak dan teruji," tandasnya. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id