Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT: Konservasi Energi dan Energi Efesiensi Merupakan Sumber Energi Ke Tiga

Masyarakat Konversi dan Efesiensi Energi Indonesia (MASKEEI) menyelenggarakan konferensi internasional yang membahas upaya energi efesiensi dan konservasi energi di Jakarta (9-10 Mei 20117).

Efesiensi energi merupakan upaya untuk menggurangi konsumsi atau pemakaian energi tanpa harus mengurangi manfaat yang diperoleh dari pemakaian energi tersebut, bahkan kalau bisa dengan konsumsi energi yang lebih rendah diperoleh manfaat yang lebih tinggi.

 

 

Sedangkan upaya konservasi dilakukan dengan menghemat pemakaian energi agar ketersedian energi dimasa depan terjamin keberlangsungannya. Upaya efesiensi dan konservasi energi dilakukan terutama pada pemakaian energi berbasis fosil yang tidak terbarukan dan akan habis dalam kurun waktu yang tidak lama lagi.

 

Kepala Balai Besar Teknologi Konversi Energi BPPT Andhika Prastawa di sela acara tersebut mengatakan, peran BPPT dalam hal ini adalah mendorong memasyarakatan inovasi-inovasi baik yang dilakukan oleh BPPT, lembaga riset nasional maupun pihak swasta dalam usaha energi efesiensi dan konservasi energi.

 

Lebih lanjut Andhika menambahkan, konservasi energi dan energi efesiensi merupakan sumber energi ke tiga setelah bahan bakar fosil, bahan bakar energi terbarukan, serta konservasi energi yang merupakan sumber energi ketiga.

 

Menurut Andhika kenapa demikian, karena dengan menghemat satuan energi akan menghasilkan satu satuan energi dengan pemanfaatan energi yang sama. Menurutnya ini sangat penting, karena untuk menghemat satu satuan energi jauh lebih murah dari pada harus membangkitkan satu satuan energi, sehingga kegiatan ini harus didorong terus. “BPPT sebagai lembaga pengkajian dan penerapan teknologi yang juga mengkaji penerapan teknologi konservasi energi sangat berperan dan mendukung kegiatan ini”, tutup Andhika.   

 

Acara ini diharapkan dapat memberi masukan penting kepada pemerintah, dunia usaha dan masyarakat luas pemakai energi, untuk lebih menggiatkan upaya efesiensi dan konservasi energi dalam rangka mencapai peningkatan produktivitas energi bagi kegiatan ekonomi nasional yang berkelanjutan. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id