Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Pentingnya Melindungi Infrastruktur Kritis TIK Dari Ancaman Cyber

Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia sangat tergantung dan telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang. Memperhatikan perkembangan perangkat-perangkat TIK yang sangat pesat baik dari sisi  hardware  maupun softwarecyberattack  kepada instansi pemerintah, industri-industri yang melayani kebutuhan masyarakat dan organisasi yang mengelola infrastruktur kritis nasional, di era konektivitas ini akan semakin meningkat frekuensinya dan semakin beragam tekniknya, demikian kata Aidil Chendramata Direktur Keamanan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada sesi pertama di acara Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2017 hari ke 2 di Jakarta (18/07).

 

Sementara itu menurut Andi Budimansyah Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia-PANDI dibutuhkan aplikasi/layanan agar traffic internet tetap di dalam negeri dengan identifikasi pengguna yang jelas bukan Anomim dan didukung oleh pemerintah serta dibutuhkan pula regulasi yang menetapkan infrastruktur kita di internet yang perlu dilindungi.

 

Sedangkan Kelik Budiana Kepala Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi BPPT  menjelaskan bahwa BPPT menilai iOtentik diperlukan di tengah era digital yang dihadapi Indonesia saat ini. Keberadaan badan sertifikasi digital dinilai penting untuk membangun kepercayaan melalui pelaksanaan otentifikasi terhadap identitas para pihak yang terlibat dalam transaksi secara online. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 / 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

 

Menurut Kelik dengan sertifikat digital ini, situs yang menjual barang (e-commerce) yang kian marak dapat diidentifikasikan dengan baik dan pembeli juga dapat diidentifikasikan dan dikonfirmasi ke database keamanan. Memang diakui, setiap kali orang masuk ke website tertentu yang miliki Https itu adalah benar-benar website yang otentik dan bisa dipercaya. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id