Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

KONFERENSI PERS DIALOG NASIONAL: MENUJU PEMANFAATAN E-VOTING 2014

Terkait dengan akan diadakannya Dialog Nasional Menuju Pemanfaatan E-voting Untuk Pemilihan Umum 2014 tanggal 19 Mei 2010 nanti yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) BPPT, pada Jumat (14/5) BPPT mengadakan konferensi pers di Executive Lounge BPPT. Acara ini diselenggarakan dalam rangka mensosialisasikan sekaligus menjelaskan mengenai maksud dan tujuan diadakannya dialog nasional tersebut, serta hal-hal yang akan dibahas dalam dialog nanti.

‚Sebagaimana kita ketahui bersama, Mahkamah Konstitusional (MK) dalam keputusannya memperbolehkan diadakannya e-voting di Indonesia sejauh tidak melanggar asas pemilihan umum (pemilu) yaitu Luber dan Jurdil serta tersedianya fasilitas penunjang e-voting baik dari sisi teknologi maupun SDM nya‚, kata Kepala BPPT Marzan A Iskandar.

Marzan menilai pelaksanaan sangat berkaitan erat dengan program e-KTP yang dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Apabila e-KTP dapat diterapkan di seluruh wilayah Indonesia tahun 2012, Marzan optimis e-voting dapat diterapkan pada pemilu 2014.

‚Melalui e-voting, kita ingin merancang suatu sistem pemilu yang alat-alatnya dapat dibuat di Indonesia, sehingga industri dalam negeri dapat tumbuh. Selain itu dengan penggunaan sistem pemilu secara e-voting dapat meningkatkan efisiensi pemilu baik dari segi proses maupun pembiayaan‚, tegas Marzan.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Bowo Prasetyo, dalam Dialog Nasional nanti akan dibahas dua aspek yang menjadi perhatian di dalam penyelenggaraan e-voting yaitu Aspek Dasar Hukum, Kebijakan dan Pengawasan serta Aspek Teknologi E-Voting.

‚Pada aspek dasar hukum, kebijakan dan pengawasan, kami akan membahas diantaranya strategi-strategi apa yang dipakai dalam sosialisasi penggunaan e-voting ke masyarakat. Selain itu kami juga akan membahas kemungkinan pelaksanaan pemilu konvensional dan e-voting secara paralel bagi daerah yang belum siap. Sementara dari aspek teknologi akan dibahas diantaranya kesiapan industri dalam negeri dalam membangun perangkat e-voting (TKDN) dan kesiapan infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung pelaksanaan e-voting‚, jelas Bowo.

Menurut rencana dalam pelaksanaan dialog tersebut, akan dilakukan pula demo penggunaan teknologi e-voting dan launching produk Perisalah yang merupakan hasil kerjasama antara BPPT dan PT INTI.

Direktur utama PT INTI (Persero) Irfan Setiaputra yang hadir dalam acara mengatakan bahwa Perisalah ini akan sangat memudahkan dalam membuat notulensi rapat. ‚Notulensi yang biasanya diselesaikan dalam waktu 2-3 minggu, dapat selesai hanya dalam waktu 2 jam saja. Terlebih lagi, Perisalah ini dapat mengurangi resiko kesalahan akibat intervensi banyak orang‚.

Lebih jauh Irfan mengatakan tahun ini pihaknya akan memproduksi Perisalah sebanyak 50-100 unit, tergantung dari banyaknya pihak yang berminat. ‚Kementerian Keuangan, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Bank Indonesia adalah sebagian dari instansi pemerintah yang menyatakan minatnya terhadap Perisalah‚.

Adapun dua tipe produk yang akan dipasarkan oleh PT INTI terdiri dari tipe single meeting room dan multiple meeting room. ‚Saya yakin produk ini akan banyak diminati. Dengan perisalah hasil rapat dapat diketahui dengan cepat sehingga keputusan dapat segera diambil. Jadi kalau ada yang tidak berminat, saya justru mempertanyakannya kenapa tidak mau?‚, ujar Irfan.

Direncanakan pembicara utama dalam dialog nasional terdiri dari pihak-pihak yang memiliki peranan penting dalam pelaksanaan Pemilu dengan menggunakan e-voting seperti Menteri Dalam Negeri, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Negara Riset dan Teknologi, Ketua Komsi Pemilihan Umum, Kepala BPPT, Kepala Lembaga Sandi Negara, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Wakil Ketua Komisi II DPR, Bupati Jembrana, Ketua Bawaslu, Direktur Utama PT. Telkom dan Direktur Eksekutif Cetro. (YRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id