Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

DORONG TKDN, FUJITSU-BPPT SEPAKAT LAKUKAN KERJASAMA

Bertujuan untuk mendukung industri lokal mendorong manufaktur untuk lebih meningkatkan penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN), BPPT dan Fujitsu Semiconductor Asia Pte Ltd (FSAL) sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kolaborasi Dalam Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Rabu (29/09).

Dengan adanya MoU ini, dapat memfasilitasi kolaborasi penggunaan DVB Decoder Fujitsu Semiconductor dan chipset Wimax sebagai device dalam sistem teknologi informasi dan komunikasi, khususnya teknologi Set Top Box receiver TV Digital dan aplikasi Broadband Wireless Access (BWA).

Kepala BPPT, Marzan A Iskandar berharap melalui penandatanganan MoU ini, dapat mendorong industri dan manufaktur di Indonesia untuk dapat meningkatkan TKDN di setiap proses produksi. Kerjasama ini juga, menurut Marzan, merupakan kesempatan kedua belah pihak untuk saling menjajaki keahlian melalui pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan.

Hal senada juga dikatakan oleh Presiden FSAL, Junshi Yamashita yang menyebutkan bahwa kerjasama ini dapat membantu Fujitsu Semiconductor dalam mengembangkan dan menyempurnakan teknologi Digital Video Broadcast-Terrestrial (DVBT) dan aplikasi BWA.

Terdapat tiga poin kegiatan yang akan dilakukan sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MoU ini, yakni pengembangan Digital Video Broadcast-Terrestrial Free-to- Air Set-Top Box (DVB-T FTA STB) dengan fitur Early Warning System (EWS) yang sudah disesuaikan dengan kondisi pasar di Indonesia. Sedangkan dua kegiatan lainnya adalah pengembangan DVB-T dengan aplikasi middle ware dan pengembangan aplikasi BWA.

Dengan DVB-T STB yang dilengkapi dengan fitur Disaster Early Warning System akan dapat membantu masyarakat memberi peringatan apabila terjadi gempa bumi, gunung meletus, banjir dan tsunami. Sistem peringatan dini tersebut akan dapat memberi waktu untuk melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman. (YRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id