Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT MENERAPKAN TEKNOLOGI NIRKABEL BERKECEPATAN TINGGI

"Saat ini BPPT tengah menyiapkan teknologi Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) yang akan ditempatkan di instansi-instansi pemerintah begitu regulasi tentang wimax disahkan", demikian dikatakan Kepala Balai Ipteknet BPPT Hammam Riza di sela peluncuran Wimax/Wifi-Iptek Hotspot di Jakarta beberapa waktu lalu. "Untuk sekarang ini kami sudah memasang wimax sekaligus hotspot/Wireless Fidelity (wifi) untuk keperluan kantor BPPT dan Kementerian Ristek saja," lanjutnya.

Wimax adalah generasi keempat telekomunikasi (4G) yaitu teknologi nirkabel pita lebar berbasis protokol internet berkecepatan tinggi yang memungkinkan transfer data hingga 80 Megabite per detik (Mbps), jauh lebih cepat dari layanan internet berbasis layanan seluler generasi ke tiga (3G) yang hanya sekitar 2,4 Mbps. Wimax juga memungkinkan jangkauan telepon dan internet yang lebih luas, dan tidak seperti Wi-fi yang menawarkan kemampuan untuk menyambungkan koneksi tanpa kabel ke berbagai lokasi di kota-kota, Wimax mampu memberikan sambungan untuk para penggunanya dimanapun mereka berada.

Jadi begitu regulasi sudah siap, ujar Hammam, teknologi wimax akan lebih mudah diterapkan. Peraturan soal Wimax sendiri, saat ini masih dalam tahap penyelesaian dan ditargetkan dapat dikeluarkan pada September atau Oktober 2008 tahun ini. Peraturan tersebut akan mencakup standarisasi perangkat, alokasi frekuensi yang digunakan dan penyelenggaraan jasa telekomunikasi melalui teknologi nirkabel tersebut.

Selain peluncuran teknologi Wimax, acara yang berlangsung pada 21 Agustus 2008 tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan MOU layanan baru BPPT dengan TNI-AL, BKN, PT Telkom, PT Indonesian Tower, PT Cisco dan First Media dan Puspiptek. Penandatangan kesepakatan kerjasama itu, terkait dengan penyiapan teknologi Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) dan hotspot/Wireless Fidelity (wifi) yang akan ditempatkan di instansi-instansi pemerintah untuk pengembangan sistem informasi.

Menurut Hammam, BPPT juga menyiapkan e-Government untuk instansi-instansi pemerintah dalam aplikasi berbasis internet. E-Government itu seperti e-Reporting (sistem pelaporan elektronik), e-Procurement (sistem pengadaan barang), sistem informasi manajemen surat-menyurat (SIAS), dan sistem informasi manajemen dokumen (SIMD). Selain itu dalam pelaksanaan e-Government juga diimplementasikan aplikasi berbasis multimedia seperti VoIP (Voice Over Internet Protocol), IPTV (penyiaran video melalui jaringan internet), SMS Gateway (pengiriman pesan melalui jaringan internet), MoIP (Multimedia Over Internet Protocol serta aplikasi lainnya seperti Government Secured Intra Network, Government Data Management Center, Government ata Recovery Center dan Government Internet Exchange. (humas*)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id