Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

OPTIMALISASI TIK BPPT MELALUI CIO

Melalui Konsinyering Chief Information Officer (CIO) hari ini, kita akan melakukan serangkaian paparan terhadap apa yang sudah dilakukan di tahun 2009-2010, kemudian melaksanakan IT Goverment di BPPT melalui perangkat CIO yang lebih efektif. CIO ke depan diharapkan tidak berperan ganda baik sebagai regulator dan pelaksana, tetapi hanya sebagai regulator saja, kata Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) BPPT, Hammam Riza saat membuka acara Konsinyering CIO BPPT, Kamis (10/2).

Hammam juga menambahkan bahwa BPPT akan mengalami proses infrastrukturisasi, baik dari sisi kelembagaan, visi dan misi, serta seluruh perangkat organisasi yang terkait dengan pelaksanaan tupoksi BPPT, sebagai sebuah lembaga kaji terap teknologi. Tahun ini juga, merupakan sebuah tonggak penting bagi seluruh instansi pemerintah, karena pada akhir 2011 Pemerintah Indonesia menyatakan siap untuk menjalankan piranti lunak software legal, ungkap Hammam.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPPT, Marzan A. Iskandar dalam arahannya mengatakan bahwa tahun 2011 ini BPPT akan melakukan akselerasi, sehingga target-target yang telah ditentukan harus dicapai secara optimal melalui pelaksanaan fungsi CIO. Fungsi regulasi dalam hal pemanfaatan TIK di BPPT oleh CIO sangat penting dilakukan, jelas Kepala BPPT.

Masterplan yang telah ditentukan, menurut Kepala BPPT, harus dapat diimplementasikan dan disosialisasikan kepada setiap unit kerja di BPPT supaya masing-masing unit kerja tersebut dapat menyesuaikan. Selain perlu rencana implementasi yang sesuai, feedback dan early warning system pun diperlukan dalam menjalankan masterplan IT di BPPT. Untuk itu harus dilakukan sistem evaluasi CIO di BPPT setiap bulannya karena kita menuju sistem pengelolaan instansi pemerintah yang modern.

Dalam konsinyering dengan tema Optimalisasi Tata Kelola TIK Dalam Rangka Reformasi Birokrasi BPPT tersebut, disampaikan evaluasi oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Standardisasi (PDIS) BPPT, Harry Budiarto mengenai kegiatan CIO 2010 lalu. Selain itu masing-masing Group Leader (GL) yang terdiri dari GL Rencana Induk Teknologi Informasi (RITI), Dwi handoko, GL Integrasi Infrastruktur, R Santoso, GL Layanan Informasi Publik di BPPT, Andrari Grahitandaru serta GL OSS dan Software Legal, Zainul Azwar juga memaparkan tentang evaluasi kegiatan masing-masing WBS di 2010. (SYRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id