Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT-SHIMIZU CO: MANFAATKAN GAS METANA UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK

Dalam rangka memerangi dampak pemanasan global dan pengembangan teknologi bio-energi, Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Enegi (PTPSE) BPPT telah menjajaki kerjasama dengan salah satu perusahaan dari Jepang,  Shimizu Co. Kedua belah pihak telah menyelenggarakan acara Sosialisasi Pembangunan Proyek Penangkapan Gas Metana untuk Penurunan Gas Rumah Kaca di PKS Bunut PTPN VI Jambi, (10/5).

Kegiatan proyek penangkapan gas metana ini merupakan salah satu prosedur yang harus dilalui untuk pendaftaran proyek CDM ke United Nation of Framework Convention on Climate Change (UNFCCC). Kemudian, kegiatan selanjutnya adalah menyelesaikan Project Design Document (PDD) untuk diserahkan dan mendapatkan persetujuan dari Komisi Nasional Mekanisme Pembangunan Bersih (Komnas MPB), maka dalam hal ini yakni Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI).

Proyek dengan memanfaatkan gas metana yang diproduksi dari kolam-kolam pengolahan limbah cair dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dipakai sebagai bahan bakar mesin gas (gas engine) dengan kelebihannya yang diproduksi dengan cara dibakar untuk membangkitkan listrik, yang akan dijual ke PLN dengan harga yang sesuai Permen 31/2009, yaitu Rp 787/kWh.

Terkait dengan kerjasama antara Shimizu Co dengan PTPN VI, sistem yang kedua belah pihak jalankan secara BTO atau Build, Transfer and Operation. Hal demikian berarti jika peralatan pembangkit setelah dibangun dengan investasi dari Shimizu Co, akan diberikan kepemilikannya ke PTPN VI.

Sementara itu, dalam hal ini BPPT akan membantu dalam proses transfer teknologi dan supervisi monitoring data jumlah gas metana yang direduksi melalui kegiatan proyek ini. Selain itu, selambat-lambatnya Desember 2012, Biogas engine akan diinstal dan dioperasikan dengan kapasitas 1000 Kw. (KYRAS/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id