Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PTKKE BPPT ADAKAN WORKSHOP TENTANG KUALITAS TENAGA LISTRIK PADA SEKTOR INDUSTRI

Tersedianya tenaga listrik merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang perkembangan sektor industri nasional. Dengan ekonomi yang terus tumbuh, permintaan akan tenaga listrik saat ini dapat sepenuhya dipenuhi oleh PT PLN. Akibat dari keterbatasan suplai ini, berdampak pada kehandalan dan kualitas tenaga listrik yang diberikan ke konsumen.

Berkaitan dengan hal tersebut pada 28 Januari 2009 bertempat di ruang komisi utama BPPT telah diselenggarakan Workshop tentang Kualitas Tenaga Listrik Pada Sektor Industri yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi Energi (PTKKE) BPPT. Acara yang dibuka oleh Direktur PTKKE Arya Rezavidi juga dihadiri Kepala BPPT Marzan A. Iskandar, para pembicara, beberapa karyawan di lingkungan BPPT serta + 50 undangan dari Instansi terkait dan swasta.

Dalam sambutannya Kepala BPPT Marzan A. Iskandar mengatakan gangguan kualitas daya antara lain meliputi perubahan pada komponen daya listrik tegangan arus ataupun frekuensi yang menyebabkan penyimpangan karakteristik operasi peralatan listrik dari kinerja nominalnya. Begitu juga sensitifitas dari tipe peralatan pengguna daya listrik akan menentukan tingkatan kualitas daya yang diperlukan untuk beroperasi secara normal.

Lebih lanjut dikatakan bahwa penyebab umum meningkatnya gangguan kualitas daya antara lain adalah makin meningkatnya pemakaian peralatan elektronik yang sensitif dalam manufacturing line dari industri. Makin meningkatnya pemakaian system power elektronic yang menimbulkan polusi harmonisa serta makin tergantungnya pada sistem infrastruktur suplai tenaga listrik yang lain. Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan buku Panduan Penanganan Gejala Kualitas Daya Untuk Sektor Industri dari Kepala BPPT kepada para Pembicara.

Pembicara pada workshop adalah (1) Hasril Nuzahar (DJLPE) tema Strategi dan Kebijakan Penyediaan Tenaga Listrik; (2) Hamzah Hilal (BPPT) tema Dampak Gangguan Kualitas Tenaga Listrik pada Sektor Industri; (3) Ngurah Adnyana (PT PLN) tema Upaya Peningkatan Keandalan dan Kualitas Tenaga Listrik bagi Sektor Industri dan (4) Djiteng Marsudi (Konsumen Industri/PT Jalamas Berkatama) tema Problem-problem Kualitas Tenaga Listrik dan Upaya Mengatasinya. (TR/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id