Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PENYERAHAN DOKUMEN GRAND DESIGN ARCHITECTURE ENTERPRISE SISFOHANEG KEPADA KEMENHAN

Tujuan dari penyerahan dokumen ini adalah untuk mewujudkan sistem pertahanan negara yang terpadu, tepat, akurat dan aman dalam menjamin data dan informasi guna terlaksananya penyelenggaraan negara. Tujuan ini kita harapkan dapat menciptakan decision super sistem yang digunakan untuk kepentingan dari Kementerian Pertahanan, ungkap Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) BPPT, Hammam Riza pada acara penyerahan dokumen Grand Design Architecture Enterprise Sistem Informasi Pertahanan Negara (Sisfohaneg), antara BPPT dengan Kementerian Pertahanan yang bertempat di ruang Aula Bhineka Tunggal Ika Kementerian Pertahanan (Kemenhan) (23/12).

Adapun sasarannya, lanjut Hammam, adalah dokumen grand design yang terdiri dari arsitektur sistem informasi, arsitektur infrastuktur, arsitektur tata kelola serta rencana pengembangan. Metodologi yang digunakan merupakan metodologi yang umum digunakan di banyak  enterprise, yaitu open group architecture frame work yang terdiri dari beberapa tahapan. Terutama tahapan analisis arsitektur kontekstual untuk masa depan, analisa keseimbangan, asesmen kondisi eksisting serta pengembangan penyusunan roadmap yang selanjutnya dijabarkan dalam langkah kerja, jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemenhan, Eris Herryanto mengatakan bahwa Grand Design Architecture Enterprise Sisfohaneg tersebut akan digunakan sebagai sumber referensi pengembangan teknologi informasi di lingkungan Kemenhan. Pembuatan Grand Design Architecture Enterprise tersebut sudah melalui suatu kajian dari segala aspek, baik aspek teknis maupun aspek implemantasi dari tugas-tugas Kemenhan, urainya.

Diharapkan nantinya dengan adanya Grand Design ini dapat dijadikan rujukan dan pedoman oleh setiap satker dan subsatker di lingkungan Kemenhan dalam pengembangan aplikasi teknologi informasi disatuannya masing-masing. Diharapkan juga Grand Design tersebut dapat ditindaklanjuti oleh Pusat Data dan Informasi Kemenhan, selaku pelaksana fungsi teknis dibidang teknologi informasi dan komunikasi. Nantinya tindak lanjut tersebut akan digunakan sebagai referensi utama dalam road map atau rencana induk pengembangan sistem teknologi informasi termasuk didalamnya pengembangan Sisfohaneg Kemenhan, yang saat ini sedang dalam proses penyelesaian pembangunannya, jelas Eris.

Hadir pada acara tersebut Kepala BPPT Marzan A Iskandar, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi, Listyani Wijayanti, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa, Erzi Agson Gani, serta pejabat eselon II dan III serta staf ahli menteri. Penyerahan dokumen tersebut dilakukan oleh Kepala BPPT kepada Sekjen Kemenhan.

Dokumen Grand Design Architecture Enterprise Sisfohaneg terdiri dari beberapa buku, buku pertama merupakan ringkasan eksekutif dari dokumen grand design enterprise architecture, buku kedua adalah kerangka kerja dan metodologi. Kemudian buku ketiga berisi tentang gambaran umum terkait tatalaksana ataupun proses kerja, infrastruktur dan tata kelola teknologi informasi dan komunikasi  di lingkungan Kemenhan, dimana buku ini merupakan gambaran dari kondisi eksisting atau kondisi saat ini dari seluruh satker yang ada di Kemenhan. Sementara untuk buku keempat berisi arah dari pengembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya yang terkait dengan pertahanan dan keamanan di lingkungan Negara RI. Buku kelima adalah enterprise architecture sisfohan yang merupakan target arsitektur dari keseluruhan dari sistem informasi negara, buku 6 adalah sebuah muatan yang sangat penting yaitu menyangkut rencana pengembangan dari sisfohan 2012-2014, serta buku yang  7 adalah lampiran hasil survey tatalaksana infrastruktur dan tata kelola yang telah dilaksanakan dalam rangka memetakan kondisi saat ini yang terdiri dari hasil wawancara dengan para dirjen, sekjen, eselon 2 dan eselon 3 serta staf ahli menteri yang seluruhnya menjadi dasar pembuatan dokumen Grand Design Architecture Enterprise Sisfohaneg. (SYRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id