Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

SEMINAR NASIONAL MENGENAI PENGURANGAN EMISI KARBONDIOKSIDA DAN PERESMIAN PABRIK PURIFIKASI CO2 PT. RMI KRAKATAU KARBONINDO

‚Seminar nasional ini merupakan langkah nyata untuk menindaklanjuti pertemuan di Bali dua tahun lalu, serta merupakan persiapan dalam rangka pertemuan Convention of Party (COP 15) di Copenhagen bulan Desember 2009. Pengurangan emisi CO2 menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk RMI Group sebagai Perusahaan Binaan CIDES‚, demikian disampaikan oleh Rohmad Hadiwijoyo, Direktur Eksekutif CIDES & Presdir RMI Group.

Seminar Nasional yang bertemakan ‚Implementasi Pengurangan Emisi Karbondioksida Sebagai Upaya Mitigasi Global Warming dan Peresmian Pabrik Purifikasi CO2 PT. RMI Krakatau Korindo‚ ini terlaksana berkat kerjasama antara CIDES (Center for International and Development Studies) dan RMI. Seminar diadakan di Ballroom A&B, Hotel Grand Hyatt Jakarta, 6 Mei 2009.

Selanjutnya disampaikan oleh Ka BPPT, Marzan A. Iskandar bahwa acara ini merupakan aksi nyata kalangan industri bekerjasama dengan lembaga-lembaga riset dalam melakukan action terhadap apa yang telah dicapai dalam kesepakatan dunia memerangi pamanasan global. Selain memberikan sambutan Ka BPPT juga didaulat untuk meresmikan Pabrik Pemurnian CO2 RMI KK, dengan didampingi oleh Dirut PT. Krakatau Steel, Fazwar Budjang, Presdir RMI Group, Rohmad Hadiwijoyo, dan perwakilan dari Denmark.

Dalam kesempatan ini ditandatangani pula MoU Pengembangan Geothermal Sebagai Clean Energy antara PT. RMI dengan BPPT; PT Pertamina Geothermal Energy dengan BPPT, dan MoU Pemurnian CO2 Tahap I & II antara PT. RMI/CIDES dengan PT. Krakatau Steel.

‚Sekarang ini tidak penting mencari siapa yang salah, yang terpenting adalah bagaimana agar bangsa-bangsa di seluruh dunia bersama-sama bertindak untuk mengatasi masalah akibat pemanasan gobal yang sekarang ini efeknya sangat luas terjadi, seperti misalnya perubahan iklim‚, terang Menteri Kehutanan, M. S. Kaban dalam sambutannya.

Acara seminar dibagi menjadi dua sesi, sesi I mengenai ‚Implementasi Mitigasi Pemanasan Gobal di Sektor Litbang, Industri dan Energi dengan pembicara Ka BPPT, Marzan A. Iskandar; Dirut PT. Krakatau Steel, Fazwar Budjang dan Dirut PT. Pertamina Geothermal Energy, Abadi Poernomo. Kemudian dilanjutkan sesi II mengenai ‚Implementasi Pasar Karbon dan Mitigasi Pemanasan Global di Sektor Kehutanan, Kelautan dan Dampaknya pada Kesejahteraan Rakyat‚ dengan pembicara Ka Sub Direktorat Mitigasi lingkungan Departemen Kelautan & Perikanan, Subandono Diposaptono, dan Direktur Eco-Securities, Agus Pratama Sari. (RF/ Humas)
FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id