Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Dukungan Teknologi Untuk Eksplorasi Kelautan

 “Saya yakin sepenuhnya, secara kuantitas sarjana-sarjana kelautan sudah sangat memadai, begitu juga kualitasnya.  Pakar-pakar kelautan kita pun sudah banyak tampil di forum internasional,” ungkap  Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi dan Pengembangan Sumber Daya Alam , Ridwan Djamaluddin pada Pertemuan Ilmiah Nasional Tahunan Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (PIT X ISOI) di BPPT, Senin (11/11).

 

Begitu pula dalam pendidikan, ia yakin banyak tenaga-tenaga muda yang memiliki antusiasme di bidang kelautan. Namun demikian, juga tidak boleh lepaskan pandangan kita, bahwa iptek bidang kelautan bukanlah sesuatu yang menjadi favorit generasi muda saat ini.

BPPT mengusulkan kepada ISOI, termasuk mereka yang bekerja di bidang kelautan untuk memodernisasi pola kerja. “Saya yakin ISOI bisa menjadi katalisator dan mediator dalam kegiatan-kegiatan iptek kelautan, karena banyak lembaga yang bekerja di bidang iptek kelautan di Indonesia maupun secara internasional,” ungkapnya.

Saat ini BPPT sedang mencoba mengeksplorasi  sumber daya energi baru. Dimana  dari riset yang dilakukan 11 tahun lalu di selatan Jawa Barat  memiliki potensi cadangan gas metan yang cukup besar, dan BPPT sedang mengusahakan untuk membuktikan keberadaan gas metan tersebut.

BPPT juga menerapkan iptek bagi komunitas nelayan, misalnya memberikan infomasi potensi lokasi perikanan, dan hal itu sudah terbukti menghemat biaya operasi nelayan dan menigkatkan tangkapan. Dan BPPT telah mengembangkan iptek kelautan, yaitu mengembangkan program,  mengembangkan infrastruktur dan mengembangkan sumber daya manusia, ungkapnya. (SYRAT/Humas)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id