Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Masyarakat Yogyakarta Kini Dapat Nikmati Situs Informasi Hujan

BPPT bersama Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Puslitbang Sumber Daya Air Balai Sabo,Yogyakarta,  meluncurkan sistem informasi hujan di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tujuannya untuk mengetahui prakiraan cuaca, terutama hujan yang sering terjadi secara tiba-tiba.

Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT, Ridwan Djamaluddin, mengatakan kerjasama BPPT dengan Puslitbang Sumber Daya Air (SDA) Balai Sabo  meliputi pertukaran data dan informasi hidrometeorologi, pengkajian dan pengembangan alat terkait sistem akuisisi dan peringatan dini banjir, serta pemanfaaatan sumber daya air.


"Sekarang, masyarakat sudah bisa mengakses informasi mengenai prakiraan hujan melalui situs sijawah-sabo.pusair-pu.go.id, serta media sosial seperti Facebook dan Twitter secara real time," kata Ridwan, di Yogyakarta, (16/4).

Untuk mendapatkan informasi yang akurat, Balai Sabo menggunakan radar yang dipasang di atas tower di kawasan Sopalan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, yang bisa menjangkau wilayah hingga radius 94 kilometer. Radar itu bisa mencakup wilayah yang belum bisa dijangkau stasiun pemantau hujan, terutama di wilayah lereng Gunung Merapi.

Menurut Bambang Hargono, Kepala Puslitbang SDA Kementerian PU, data radar dari pengolahan informasi hujan kemudian diolah dengan aplikasi SIMLAR. Lalu, data akan menjadi informasi yang bisa disebarkan melalui pesan pendek dan masuk ke website yang tersedia. 

"Aplikasi SIMLAR mampu memprakirakan rambatan banjir debris dan daerah terdampak, sedimen tersangkut, dan morfologi alur sungai akibat banjir debris. Informasi mengenai sebaran hujan ini sangat berharga bagi kepentingan publik dalam mengantisipasi bencana banjir," tutup Bambang. (tw/SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id