Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

UPT Hujan Buatan BPPT Kembangkan Roket untuk Modifikasi Cuaca Malam Hari

Kepala UPT Hujan Buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) F Heru Widodo, mengungkapkan bahwa saat ini Tim UPT Hujan Buatan sedang mengkaji pengembangan roket untuk pengoperasian Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan pada malam hari. Pasalnya, saat ini pelaksanaan TMC baru bisa dilakukan di siang hari.

 

"Kami masih terkendala melakukan TMC pada malam hari, karena penerbangan pesawat hanya bisa dilakukan mulai pagi sampai sore hari. Misalnya pada awal tahun 2014 lalu, karakteristik pola hujan di Jakarta didominasi pada malam hari. Sehingga kami tidak bisa mengurangi curah hujan yang datang pada malam hari," kata Heru.


Namun, tambah Heru, sekarang UPT Hujan Buatan BPPT sedang melakukan kajian pengembangan roket untuk pelaksanaan TMC di malam hari. "Tahun 2006 lalu, kami sudah menguji coba Roket TMC di Pantai Pandansimo, Bantul, Yogyakarta. Ketinggian terbang dari roket itu baru mencapai 60 meter, tapi masih akan terus ditingkatkan kemampuan terbangnya," ujarnya.


Kepala UPT Hujan Buatan BPPT menjelaskan, kemampuan terbang roket tersebut masih sangat kurang, karena rata-rata ketinggian dasar awan di daerah Ujung Kulon Selat Sunda mencapai 4.000 feet atau setara 1.300 meter. Untuk mencapai ketinggian tersebut, BPPT terus mengkaji pengembangan roket bekerja sama dengan LAPAN dan PT Pindad.


"Dari tahun ke tahun kami terus melakukan pengembangan roket TMC dan terus menggali kekurangan-kekurangannya. Roket ini penting untuk dikembangkan, karena telah menjadi sebuah kebutuhan untuk pengoperasian TMC di malam hari," tutup Heru. (tw/SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id