Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

“PELUNCURAN DAN DISEMINASI PRODUK INOVASI “PTISDA” UNTUK INDONESIA JAYA”

 

Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam (PTISDA)

Kedeputian Teknologi Bidang Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA),

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Di tengah upaya Bangsa Indonesia untuk berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menetapkan inovasi teknologi sebagai salah satu pilar pembangunan bangsa. Teknologi hasil karya anak bangsa harus mampu meningkatkan produktivitas sistem produksi, yang pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Sejalan dengan upaya di atas, maka  BPPT telah melakukan reposisi untuk meningkatkan kontribusinya dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi yang inovatif.

 

Agar menghasilkan teknologi yang dibutuhkan dan dapat digunakan oleh para mitra/pengguna, maka teknologi yang dikembangkan BPPT adalah teknologi yang menjadi prioritas nasional, sesuai arahan dalam RPJPN dan RPJMN. Secara spesifik, teknologi yang terkait dengan teknologi pengembangan sumberdaya alam yang telah digariskan untuk dikembangkan, salah satunya adalah “Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam”.

Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam (PTISDA) merupakan salah satu Pusat yang berada dibawah Kedeputian Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA). Dengan dukungan sumberdaya manusia yang handal dan multidisiplin keilmuan, berbagai macam produk inovasi telah dihasilkan oleh PTISDA. Beberapa produk inovasi yang telah dihasilkan tersebut sudah dimanfaatkan oleh mitra kerjasama, seperti Pemerintah Pusat/Daerah dan Mitra Industri lainnya.

Tujuan utama dari acara “Peluncuran dan Diseminasi Produk Inovasi ‘PTISDA’ Untuk Indonesia Jaya” adalah untuk mensosialisasikan produk-produk inovasi yang telah dihasilkan oleh PTISDA BPPT kepada publik dan mitra terkait sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban PTISDA BPPT kepada publik.

 

Teknologi yang telah dikembangkan dan siap diaplikasikan tentu harus diketahui oleh publik dan mitra. Sebagai bagian dari transparansi dan akuntabilitas, maka publik perlu mengetahui hasil dari investasi pada lembaga-lembaga riset dan pengkajian, khususnya BPPT sebagai lembaga  yang bertugas melakukan pengkajian dan penerapan teknologi di Indonesia. Kemudian, mitra perlu pula mengetahui agar bisa memilih jenis teknologi yang diperlukan dan sesuai dengan kondisi nyata di lapangan.

 

Kemampuan PTISDA BPPT mencakup : (1). Penguasaan metode karakterisasi melalui pengenalan pola (pattern recognition) berbagai obyek di permukaan bumi (laut dan darat) dari citra satelit remote sensing dan data lainnya; (2). Penguasaan metode sistem inventarisasi berbagai obyek di permukaan dan bawah permukaan bumi secara langsung (terrestrial), cepat dan akurat; (3). Penguasaan metode pemodelan sumberdaya alam dalam mendukung pembangunan disegala sektor, baik dengan menggunakan model sederhanan sampai kepada model lanjutan dengan tingkat kehandalan tinggi; (4). Penguasaan metode penyampaian informasi sumberdaya alam dalam sebuah sistem informasi geografis (spatial base) dan teknologi informasi lainnya; serta (5). Penguasaan metode valuasi sumberdaya alam (natural resources accounting).  Kesemuanya ini didukung oleh kompetensi system rekayasa perangkat lunak untuk menghasilkan produk yang cerdas.

 

Produk inovasi yang akan diluncurkan dan di diseminasikan kepada mitra/pengguna antara lain: (1). Perangkat Lunak SIKBES-IKAN (sistem penjejak ikan nan cerdas); (2). BPPT’s Electronic Logbook for Fishery Observation System (BELFOS);  (3).Perangkat Lunak HyperSRISoft (model prediksi produktivitas padi berbasis teknologi hiperspektral dan machine learning); (4). Metode Kerangka Sampel Area (KSA); (5). Model Akuntansi Sumberdaya Lahan Sawah (MORENA); (6). Sistim Informasi Dispersi Asap dan Polutan (SIDIAN); (7). Sistim Informasi Hujan dan Lava Dingin Jawa Tengah Berbasis Spasil (SIJAWAH); (8). Sistem prediksi Banjir berbasis pembelajaran mesin/machine learning (SIBAYUMANING); (9). Sistim Informasi Potensi Investasi (SIPI); (10). Sistim Informasi Kebakaran Hutan Berbasis Keruangan (SIARANG); (11). Model peramalan Organisma Pengganggu Tumbuhan (OPT) berbasis WEBGIS; (12). Metode analisis obyek bawah permukaan dengan Georadar dan Geolistrik; (13). Perangkat Lunak  ASAP (Akunting Sumberdaya Alam Pesisir berbasis Expert System); (14). Perangkat Lunak SIASAT (Sistem Informasi Akuntansi Sumberdaya Alam Terpadu); (15). Sistim Informasi Hot-Spot berbasis spasial (SI-HOTS), dan produk lainnya.

 

Seluruh produk inovasi PTISDA telah dikemas dalam sebuah buku berjudul “Karya Terpopuler Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam” dan siap diluncurkan dan dimanfaatkan oleh mitra pengguna dalam rangka membantu dan mendukung pengelolaan sumberdaya alam secara berkelanjutan serta percepatan pembangunan menuju Indonesia Jaya.

 

 

Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam (PTISDA), BPPT

 

Direktur,

 

 

Dr. Ir. Muhamad Sadly, M.Eng.

BPPT Bldg. II, 12th Fl., PTISDA, Jl. M.H.Thamrin No. 8, Jakarta 10340

Phone: (021) 3169434, Fax: (021) 31924255 ;

 

E-mail: muhamad.This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.,  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id