Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Permudah Nelayan Tangkap Ikan, BPPT Luncurkan BELFOS

Sebagai wujud pertanggungjawaban terhadap publik, BPPT selaku Badan Penelitian dan Pengkajian Teknologi milik Pemerintah kembali melakukan peluncuran produk-produk hasil kerekayasaannya. Salah satunya adalah BELFOS (BPPTs Electronic Logbook for Fishery Observation System) yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam (PTISDA) BPPT. 

 

BELFOS merupakan suatu sistem yang menggunakan Hypersoft,dimana alat tersebut sudah bisa disimulasikan oleh para nelayan agar dapat memberikan gambaran secara jelas dimana letak titik pengkapan ikan tersebut. 

 

Dalam sambutannya, Kepala BPPT, Unggul Priyanto mengatakan bahwa presiden Republik Indonesia telah menetapkan teknologi sebagai salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Di tengah upaya bangsa Indonesia untuk dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain, karya anak negeri harus ikut andil dalam pengembangan misi pemajuan teknologi negeri.  

 

“Teknologi  hasil karya anak bangsa harus mampu meningkatkan hasil produksi dalam negeri. Hal tersebut akan berimbas pada sektor perekonomian dan berbagai macam aspek kehidupan. Teknologi yang telah dikembangkan kemudian siap untuk di publikasikan kepada masyarakat dan mitra yang ingin bekerja sama sebagai wujud transparasi”, ujarnya.  

 

Unggul menilai, publik harus mengetahui kemajuan teknologi bangsanya, terkait dengan uang Negara yang ditanamkan pada sektor riset dan penggunaanya. "Peluncuran inilah wujud transparansi dari BPPT", tegasnya.

 

Menurut Direktur PTISDA BPPT, Muhamad Sadly, dengan adanya system BELFOS ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah nelayan dalam memaksimalkan hasil penangkapan. "BPPT bersama Kementerian dan Kelautan telah bekerjasama dalam mensosialisasikan sistem BELFOS kepada nelayan-nelayan. Karenanya BELFOS ini telah banyak diaplikasikan diberbagai wilayah perairan Indonesia,” pungkasnya. (bunga/mei/humas)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id