Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Gagas Pembangunan National Maritime Science and Technology Park di Penajam Paser Utara

Kabupaten Penajam Paser  Utara (PPU), Kalimantan Timur, segera mewujudkan pembangunan Marine Techno Park. Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya Pencanangan National Maritime Science dan Technology Park  oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Indroyono dan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto serta Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar, di Kantor Bupati PPU (17/04).



Dalam sambutanya Kepala BPPT  Unggul Priyanto, mengatakan BPPT terus  berkoordinasi dengan dengan pihak Kab. PPU untuk mempersiapkan segala sesuatunya dalam  mewujudkan pembangunan dan pemanfaatan National Maritime Science dan Technology Park,  termasuk  infrastrukturnya.

 
“Di dalam National Maritime Science dan Technology Park ada pelatihan atau transfer of technology. Sehingga upaya menjalin kerjasama antara industri dan akademisi, baik dengan mitra dalam negeri maupun mitra luar negeri dapat terjadi guna tercapainya tujuan untuk meningkatkan potensi produksi keekonomian maritim  di sektor hilir,” kata Unggul.

 
Kepala BPPT juga menyampaikan,  BPPT  dengan segala sumberdaya yang dimiliki berharap agar National Maritime Science dan Technology Park dapat terealisasi. “Tentunya juga tak lepas dari dukungan dan kerjasama pihak Kabupaten  PPU, dan Kementrian/Lembaga yang terkait serta dukungan masyarakat di Penajam Paser Utara,” ujarnya.

 
Senada dengan Kepala BPPT, Bupati PPU Yusran Aspar mengatakan pembangunan National Maritime Science dan Technology Park tidak hanya bertumpu pada teknologi, tapi juga memiliki korelasi dalam meningkatan ekonomi masyarakat.

 
“Pembangunan National Maritime Science dan Technology Park harus mampu memacu  inovasi produk daerah, sehingga memberi dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat pribumi,” kata Yusran.

 
Sementara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Susilo mengatakan pembangunan proyek ini nantinya akan dibiayai dengan anggaran dari APBN, APBD dan juga melalui kerjasama dengan investor asing.


“Marine Techno Park di PPU ini merupakan proyek terbesar dalam skala nasional. Nantinya, di sana akan jadi pangkalan yang mampu menampung 12 unit kapal riset dan survei. Saya optimis proyek pembangunan yang dilakukan melalui kerjasama antara berbagai pihak ini dapat selesai dalam waktu yang tidak terlampau lama,” tutup Indroyono. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id