Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Open Ship KR Baruna Jaya IV : Eksplorasi Potensi Sumberdaya Perikanan di Barat Sumatera dan Selatan Jawa   

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari sekitar 17.504 pulau dengan panjang garis pantai kurang lebih 81.000 km. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi perikanan laut yang sangat besar. Namun, selama ini potensi perikanan di laut Indonesia tersebut belum termanfaatkan cara optimal dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa pada umumnya.

 

Kapal Riset (KR) Baruna Jaya IV BPPT lakukan survei eksplorasi potensi sumberdaya ikan  di Barat Sumatera dan Selatan Jawa.  Survei yang telah berlangsung selama 50 hari, tim berlayar sejak 22 September 2015. Survei ini diinisiasi atas kerjasama Balai Survei Teknologi Kelautan BPPT dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Laut Kemenetrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

 

 

“Selain melakukan survey sumberdaya ikan, tim yang berada di KR Baruna Jaya IV pun melakukan kegiatan lain antara lain,  survey bahthymetri, operasi bottom trawl, fish finder,  phyto dan zooplankton secara umum berjalan sesuai rencana dengan data dan sampel cukup memadai untuk analisis dan justifikasi secara ilmiah,” jelas Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam Wimpie Agoeng N Aspar, saat Open Ship KR Baruna Jaya IV di Pelabuhan Teluk Bungus Kota Padang (22/10).

 

Wimpie menyampaikan apresiasi kepada tim survei yang telah bekerja maksimal. Menurutnya dalam rangka pengkajian dan potensi perikanan ini, kami menyampaikan penghargaan atas dedikasinya dalam mendukung program nasional untuk menyiapkan data dan informasi potensi perikanan nasional yang lebih akurat.

 

Terkait hasil temuan sementara selama 50 hari berlayar, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan KKP Hari Eko menambahkan, sejak dilakukan penelitian di Wilayah Pengelolaan Penangkapan (WPP) 572 Barat Sumatera dan WPP 573 Selatan Jawa telah ditemukan 114 spesies ikan yang ditemukan.

 

Kedepan pengelolaan perikanan akan lebih baik lagi sesuai dengan tujuan KKP mencapai tiga pilar yaitu kedalutan, keberlanjutan dan kesejahteraan. Ini semua bisa kita capai, seperti kedaulatan kita bisa melakukan pengelolaan ikan sendiri termasuk penggunaan kapal.

 

Sebagai informasi kegiatan open ship ini diperuntukkan bagi masyarakat ilmiah, mahasiswa dan pelajar yang ada disekitar Kota Padang untuk dapat berkunjung dan melihat teknologi-teknologi survei laut yang ada di KR Baruna Jaya IV dan melihat hasil survei sementara yang diperoleh tim survei pengkajian dan potensi perikanan. (Humas)

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id