Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Laksanakan Hujan Buatan di Sumatera, Isi Danau Singkarak dan Waduk Koto Panjang

 

Perubahan iklim yang disebabkan oleh adanya pemanasan global dalam sepuluh tahun terakhir itu telah mempengaruhi terjadinya beberapa bencana alam seperti banjir dan kekeringan, demikian ungkap Perekayasa Jon Arifian mewakili Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC- BPPT) dalam sambutan pada acara Pekerjaan Jasa Modifikasi Cuaca di Danau PLTA Singkarak dan Waduk PLTA Koto Panjang di Pekanbaru.(23/05)

 

"Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT hadir untuk memberikan semacam solusi terkait kebencanaan tersebut, yaitu untuk menambah curah hujan, untuk mengurangi intensitas curah hujan serta melakukan penipisan asap kebakaran lahan dan hutan," ungkapnya

 

 

Kegiatan tersebut merupakan untuk mengantisipasi datangnya musim kemarau dan untuk meningkatkan pasokan dan simpanan air di Danau PLTA Singkarak dan Waduk PLTA Koto Panjang. Ini merupakan kerjasama antara BBTMC- BPPT dengan PT PLN Persero, BMKG Pekanbaru serta PT Angkasa Pura, rencananya kegiatan ini akan berlangsung selama 43 hari kedepan.

 

Sementara itu Manajer SDM PLN Raidir Galinging yang mewakili GM KITSBU mengatakan semua PLTA setiap tahunnya pasti kekurangan air sehingga hanya bisa memaksimalkan 30%. “Hal ini menjadi hambatan bagi kita terutama teman-teman di Singkarak ini karena merupakan sumber yang utama di Sumatera Barat. Jadi jika terjadi kekurangan air di danau Singkarak maka akan berdampak langsung bagi masyarakat di Sumbar", jelas Raidir.

 

Untuk itu kami dari PLN sangat berterima kasih atas kerjasama ini. Menurut Raidir, ini untuk kebutuhan masyarakat kita yang memang membutuhkan listrik untuk hidup nyaman, jadi inilah pentingnya modifikasi cuaca bagi PLN. "Semoga pekerjaan ini dapat berjalan dengan baik," tutup Raidir.

 

 

Sebagai informasi hadir pada acara tersebut GM Angkasa Pura II,Kepala Stasiun BMKG Pekanbaru, Manager Unit PLTA Singkarak dan crew dari Pelita Air Service. (Humas/HMP)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id