Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT dan JAMSTEC Lakukan Kerjasama Riset Kelautan

Pelaksanaan survey ini merupakan salah satu implemantasi pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU) antara BPPT dan The Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology (JAMSTEC) dalam rangka kerjasama penelitian, pengembangan dan kerekayasaan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan, atmosfir dan kebumian yang telah ditandatangani antara BPPT  dan JAMSTEC  di Jakarta. (11/11) 

 

Dalam sambutannya Deputi Kepala BPPT Bidang TPSA BPPT Wimpie Agoeng Noegroho yang mewakili Kepala BPPT mengatakan, bidang kerjasama yang akan dilaksanakan dalam MoU tersebut meliputi studi pengamatan iklim laut tropis, penelitian dinamika iklim di benua maritim Indonesia dan penelitian geologi/geofisik dan biologi di laut dalam. 

Dikesempatan yang sama, Kepala Balai Teknologi Survey Kelautan BPPT M. Ilyas menjelaskan bahwa survei kali ini merupakan salah satu pelaksanaan MoU tersebut dimana Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT menyiapkan Kapal Riset Baruna Jaya I, beserta personil untuk membantu tim  JAMSTEC memasang  dan memelihara 3 Buoy m-TRITON Mooring di Samudera Hindia antara Barat Sumatera dan di luar ZEE Indonesia.

Pelepasan Buoy ini menurut Ilyas sangat penting dalam melakukan kajian dan studi iklim global dan  merupakan salah satu bagian dari rangkaian buoy observasi di Samudera Hindia dimana untuk mendapatkan data interaksi laut dan atmosfir yang akan digunakan untuk memahami variabilitas iklim. “Kemudian hasil transfer dari data tersebut  akan disampaikan ke Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika”, tutur Ilyas.

 

Sebagai informasi penandatanganan tersebut juga dihadiri oleh Presiden  JAMSTEC  Asahiko Taira. Pelaksanaan Survey Deployment dan Recovery RAMA TRITON Buoy di Samudera Hindia yaitu laut lepas Barat Sumatera ini berlangsung dari  11 November - 1 Desember 2016. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara BPPT dan JAMSTEC JEPANG dimana BPPT sebagai Tim Ahli dan menggunakan Kapal Riset Baruna Jaya I sedangkan dalam hal anggaran sepenuhnya menggunakan anggaran JAMSTEC. Survei ini menggunakan Kapal Riset Baruna Jaya I BPPT yang dinahkodai Kapten Ishak Ismail dan diikuti oleh 60 ABK. (Humas/HMP)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id