Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BIJI BESI LOKAL UNTUK INDUSTRI DALAM NEGERI

Sesuai dengan Undang-Undang No. 4 tahun 2009 yang menyebutkan Pertambangan mineral dan batubara diharuskan untuk melakukan pengolahan didalam negeri itu sendiri dan Peraturan Presiden No. 28 Tahun 2008 tentang pengembangan cluster industrI baja nasional itu harus berbahan baku lokal, BPPT dan PT Delta Prima Steel sepakat melakukan sebuah kerjasama‚. Demikian antara lain sambutan Direktur Pusat Teknologi Sumberdaya Mineral (PTSM) BPPT, Yusuf Surachman, dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BPPT dan PT Delta Prima Steel tentang Pemanfaatan Sumberdaya Mineral dan Batubara Sebagai Bahan Baku dan Bahan Pendukung Industri Logam di Kalimantan Selatan, yang berlangsung di BPPT, Selasa (23/03).

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan bahwa aplikasi teknologi eksplorasi penambangan serta pengelolaan lingkungan paska penambangan yang telah dilakukan BPPT, dapat dimanfaatkan sehingga Indonesia tidak lagi tergantung dengan bahan baku impor.

Penandatanganan antara BPPT dan PT Delta Prima Steel dilakukan oleh Yusuf Surachman dan Cholid A Bawajir selaku Presiden Direktur PT Delta Prima Steel.

Kepala BPPT, Marzan A Iskandar, yang hadir dalam acara tersebut menegaskan bahwa BPPT bersungguh-sungguh ingin mendukung realisasi pembangunan pabrik pengolahan biji besi (spons iron) di Indonesia. ‚Spons iron yang akan diproduksi akan berkapasitas 100 ribu ton per tahun. Memang masih jauh dari kebutuhan dalam negeri, tetapi kita optimis akan semakin berkembang‚.

Marzan juga kembali mengingatkan akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dilingkungan penambangan. ‚Jangan sampai kita melakukan penambangan tetapi justru menimbulkan masalah dibelakang hari, karena paska penambangan lingkungan menjadi rusak. Kita ingin memberikan contoh kepada masyarakat, kepada bangsa Indonesia ini, bagaimana caranya kita ini melakukan pengelolaan, melakukan penambangan, melakukan eksploitasi barang-barang tambang tanpa harus merusak lingkungannya‚.

Pada kesempatan yang sama, Cholid mengatakan bahwa pihaknya ingin mengelola biji besi untuk dijadikan bahan baku industri baja karena di Indonesia belum ada industri baja yang menggunakan bahan baku dari dalam negeri. ‚Kami berharap dengan adanya kerjasama ini, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik‚.

Tampak hadir dalam acara Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA), Jana T. Anggadiredja, dan direktur-direktur dilingkungan kedeputian TPSA. (SYRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id