Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

KABUPATEN KAMPAR KUNJUNGI LABORATORIUM BPPT SERPONG

Menindaklanjuti hasil penandatanganan MoU antara BPPT dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kampar, Riau, tentang Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi untuk Mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Kampar (7/04), rombongan Pemda Kabupaten Kampar berkesempatan mengunjungi balai-balai teknis dan fasilitas lab BPPT di PUSPIPTEK Serpong, Kamis (8/04).

Rombongan yang didampingi oleh beberapa perekayasa kedeputian bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA) BPPT, secara resmi diterima oleh Kepala Balai Pengkajian Bioteknologi (Biotek) BPPT, Bambang Marwoto. ‚Kami ucapkan selamat datang kepada Rombongan dari Pemda Kampar di Balai Biotek BPPT. Biotek ini merupakan unit dibawah kedeputian bidang Teknologi Agroindustri dan Bioindustri (TAB) yang memfokuskan pada kajian pengembangan obat-obatan dan pertanian‚.

Terkait dengan pemaparan Bupati Kabupaten Kampar pada acara MoU tentang potensi-potensi yang dimiliki Kampar dan kendala-kendala teknis yang dihadapi, Bambang menegaskan bahwa Balai Biotek siap untuk membantu Kampar dalam memberikan rekomendasi-rekomendasi yang dibutuhkan.

‚Untuk menghasilkan bibit-bibit unggul kelapa sawit, yang kami lakukan di Biotek adalah dengan melakukan klon pada kelapa sawit yang sudah terbukti kualitasnya. Dengan cara itu maka kualitas hasil klon akan sama baiknya dengan kelapa sawit induk. Lain halnya dengan cara degeneratif yang biasa dilakukan petani kelapa sawit, cara tersebut justru menghasilkan kelapa sawit yang kualitasnya dibawah kualitas kelapa sawit induk‚, jelas Kepala Seksi Jasa dan Teknologi Biotek, Wahyu Purbowasito dalam paparan singkatnya.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, selain kelapa sawit, Biotek juga telah mengembangkan metode untuk mempercepat laju pertumbuhan pada ikan. ‚Melihat bahwa salah satu potensi yang dimiliki Kampar adalah sektor perikanan, akan sangat cocok apabila dikaitkan dengan metode yang kita kembangkan tersebut‚.

Pendapat senada dilontarkan oleh Asisten Pemerintah Daerah I, Nukman Hakim. ‚Umumnya perkembangan teknologi di daerah Kampar masih menggunakan cara-cara tradisional. Untuk mengakselerasi pertumbuhan daerah, Kampar ingin menggali ilmu dan teknologi yang dimiliki oleh BPPT untuk dibawa dan diterapkan di Kampar‚.

Selain mengunjungi Balai Biotek, rombongan juga berkesempatan untuk melihat langsung fasilitas-fasilitas lab yang ada di Laboratorium Pengembangan Teknologi Industri Agro dan Biomedika (LAPTIAB), seperti lab proteksi tanaman, lab bioakuakultur dan lab bioproduksi ternak. Selanjutnya, rombongan bertolak ke Balai Rekayasa Desain dan Sistem Teknologi (BRDST) untuk melihat secara langsung proses pengolahan biodiesel dari minyak jelantah dan kelapa sawit. (KYRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id