Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT KIRIMKAN BARUNA JAYA III PADA SAIL BANDA 2010

‚Sebagai bentuk dukungan BPPT terhadap pengembangan potensi kelautan dan perikanan di Indonesia khususnya di Ambon, BPPT akan menjadi salah satu peserta dalam acara Sail Banda 2010 pada Juli mendatang. Dengan adanya Lokakarya Pra Sail Banda ini, kita dapat mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut nantinya‚, ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA), Jana T Anggadireja pada acara Lokakarya Iptek Kelautan Pra Sail Banda 2010, di BPPT (27/05).

Sail Banda 2010 adalah salah satu event bertaraf internasional yang digelar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerjasama dengan Kementerian-Kementerian terkait dan Pemerintah Daerah Maluku. Seperti Sail Bunaken yang dilaksanakan 2009 lalu, event ini bertujuan untuk mempromosikan wilayah laut dan pantai potensial yang ada di Indonesia. Acara yang mengambil tema Small Islands for Our Future tersebut, direncanakan akan diselenggarakan di empat wilayah Maluku, yaitu Kota Ambon, Kabupaten Banda, Kabupaten Maluku Tengah dan Kepulauan Lu-Cipara dan Tiakur.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia, Indroyono Soesilo mengatakan Sail Banda 2010 yang akan berlangsung pada Juli hingga Agustus 2010 mendatang, bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam bawah laut Ambon sebagai tempat pariwisata. ‚Dengan Sail Banda 2010 ini, kita ingin menunjukan kepada dunia bahwa Ambon adalah tempat yang aman dan memiliki potensi besar dalam hal kelautan. Potensi perikanan dan kelautan yang terkandung di laut Ambon, dapat dikembangkan secara luar biasa dan menjadikan ambon sebagai pintu gerbang kawasan Indonesia Timur‚.

Menurut rencana, Sail Banda akan dibuka dengan kompetisi sail boat dari Australia menuju Banda. Selain itu, akan dilaksanakan pula pameran makanan hasil produk kelautan, marine sport, culture and tourism show dan seminar internasional. Tidak hanya itu, akan dilaksanakan pula perayaan Kemerdekaan Indonesia ke 65 di pulau terluar.

Baruna Jaya BPPT

Dalam presentasinya, Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan (Bateksurla) BPPT, Yudi Anantasena menerangkan bahwa Laut Banda diidentifikasi sebagai zona wilayah perairan yang memperoleh dampak kenaikan suhu muka laut ketiga tertinggi setelah Selat Pasifik dan Laut Arafuru.

‚Pada acara Sail Banda 2010 nanti, BPPT akan membawa kapal riset Baruna Jaya III dengan peralatan utama yaitu multibeam EM 12D dan CTD. Selain itu tim juga akan melakukan kegiatan yang mecakup survei batimetri dan oseanografi", terang Yudi.

Tampak hadir dalam Lokakarya, Kepala Bidang Pelayanan Teknis Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP), Hendra Yusran Siry, Kepala Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI, Suharsono dan para sarjana oseanologi serta para undangan lainnya. (YRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id