Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

KUNJUNGAN KERJA KOMISI VII DPR-RI DIKEGIATAN APLIKASI SISTEM PERINGKAT KEBAKARAN DESA RASAU JAYA PONTIANAK

Anggota Komisi VII DPR-RI melakukan kunjungan kerja untuk meninjau Kegiatan Aplikasi Sistem Peringkat Bahaya Kebakaran ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam-Departemen Kehutanan di Desa Rasau Jaya Pontianak-Kalimantan Barat pada 13 Januari 2009. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara BPPT dengan Jaya Manggala Agni Departemen Kehutanan

Acara ini merupakan rangkaian dari kunjungan kerja Anggota Komisi VII DPR-RI di Propinsi Kalimantan Barat. Rombongan diterima oleh Deputi Kepala BPPT Bidang TPSA, Jana T. Anggadiredja; Direktur Pusat Teknologi Sumberdaya Lahan, Wilayah dan Mitigasi Bencana, Agus Kristijono; Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam, Yusuf Surachman D. beserta beberapa staf Kementerian Ristek dan BPPT. Rombongan Komisi VII-DPR RI dipimpin oleh Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi VII DPR-RI A. Sonny Keraf.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Maraden Purba dilanjutkan dengan sambutan Deputi Kepala BPPT Bidang TPSA Jana T. Anggadiredja yang menyampaikan pentingnya teknologi model dan software dari sistem peringkat bahaya kebakaran yang sudah diaplikasikan oleh Departemen Kehutanan dalam hal ini Balai Konservasi Sumberdaya Alam dan Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dihampir seluruh wilayah hutan di Kalimantan Barat khususnya sehingga kebakaran hutan dapat dicegah sejak dini. Acara dilanjutkan dengan sambutan Pimpinan Rombongan Komisi VII DPR-RI A. Sonny Keraf.

Direktur Pusat Teknologi Sumberdaya Lahan, wilayah dan Mitigasi Bencana Agus Kristijono serta Ka.Sub.Dit. Program & Evaluasi Pengendalian, Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan Harjanto Wahyu Sukotjo memberikan presentasi tentang kegiatan aplikasi sistem peringat bahaya kebakaran.

Setelah diskusi dan tanya jawab dengan tim Komisi VII DPR-RI acara diakhiri dengan peninjauan ke lokasi peralatan aplikasi sistem peringkat bahaya kebakaran.
Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Anggota Dewan terkait dengan Aplikasi Sistem Peringkat Bahaya Kebakaran antara lain : (1) Aplikasi sistem ini sangat baik sebagai salah satu upaya dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan terutama pada beberapa daerah yang sangat berpotensi rutin terjadi kebakaran hutan; (2) Perlunya upaya pemerintah pusat dalam mendukung pencegahan kebakaran hutan seperti yang sudah dilakukan oleh BPPT saat ini; (3) Perlunya kesadaran yang tinggi dari masyarakat luas dan masyarakat sekitar khususnya dalam mencegah dan menggulangi bahaya kebakaran hutan; (4) Lembaga Jaya Manggala Agni sebagai salah satu lembaga berpengalaman yang bekerja sama dengan BPPT dalam menangani masalah kebakaran hutan harus tetap berpegang pada aturan-aturan yang berlaku. (SD/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id