Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

 

 

 

  • Lantik 16 Pejabat, Sekretaris Utama BPPT : Tingkatkan Peran Melalui Inovasi Teknologi

    Lantik 16 Pejabat, Sekretaris Utama BPPT : Tingkatkan Peran Melalui Inovasi Teknologi

  • PLTSa, Solusi Permasalahan Sampah Perkotaan

    PLTSa, Solusi Permasalahan Sampah Perkotaan

  • Kepala BPPT: Kemerdekaan adalah Jembatan Emas menuju Indonesia Jaya   

    Kepala BPPT: Kemerdekaan adalah Jembatan Emas menuju Indonesia Jaya  

  • BPPT Optimalkan Komunikasi Sains

    BPPT Optimalkan Komunikasi Sains

  • BPPT Gelar Hackathon 2018

    BPPT Gelar Hackathon 2018

SELAMAT DATANG

 

"Bagi BPPT, Reformasi Birokrasi merupakan perubahan mendasar, mendesak dan menjadi keharusan yang melibatkan seluruh pegawai." 

 

 

LAYANAN TEKNOLOGI

PRODUK UNGGULAN

 

 

SELAMAT DATANG

"Bagi BPPT, Reformasi Birokrasi merupakan perubahan mendasar, mendesak dan menjadi keharusan yang melibatkan seluruh pegawai."

LAYANAN KAMI

LAYANAN TEKNOLOGI

PRODUK UNGGULAN

KEDEPUTIAN

 

BANDARA CENGKARENG DIIMBAU KERJA SAMA DENGAN BANDARA HALIM SAAT DARURAT

Sukma Indah Permana – detikNews

Jakarta - Radar dan listrik mati di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sudah beberapa kali terjadi, bukan cuma Minggu (16/12/2012) lalu. Untuk mencegah agar kondisi darurat mendadak yang membahayakan keselamatan penerbangan ini tidak terulang, Bandara Cengkareng bisa bekerja sama dengan Bandara Halim Perdanakusumah.  

"Di Jakarta itu radar itu nggak cuma di Soekarno-Hatta, tapi juga ada di Halim. Alangkah bagusnya kalau bisa saling membantu di kondisi disaster," ujar Wakil Ketua Ikatan Auditor Teknologi Indonesia (IATI) Hari Noegroho.  

Hal ini disampaikan Hari dalam jumpa pers IATI tentang 'Menyoroti Masalah Electrical Failure pada Menara ATC Bandara Soekarno-Hatta dan Perlunya Audit Manajemen Teknologi Pengelolaan ATC di Indonesia' di Gedung BPPT, Jalan HM Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2012).  

Hari menambahkan, masalah pada Bandara Cengkareng pada Minggu terjadi pada sistem Uninterruptible Power Supply (UPS). Namun yang perlu diperhatikan, bagaimana di saat darurat itu bisa menciptakan kesinambungan manajemen pengawasan di menara Air Traffic Control (ATC) dan bandara.

"Harus ada manajemen risiko ATC. Yang dilakukan ATC, risikonya sangat beda dengan bandara. Bandara lebih memenuhi kebutuhan kepuasan penumpang. Kalau ATC ada kegagalan, entah sistem atau orangnya, bukan saja dampak pada citra tapi juga jiwa. Risiko yang tinggi perlu pengelolaan manajemen risiko yang baik," jelas dia.  

Sebenarnya, masalah yang terjadi di Bandara Cengkareng itu bisa dideteksi dini. Ada teknologi yang bisa mendeteksinya, namun harus bebas konflik kepentingan.

"Kita sebenarnya punya potensi untuk melakukan deteksi dini. Teknologi yang macam-macam butuh keahlian, pengawasan, potensi itu ada di BPPT dan IATI. Itu akan ada pengawasan independen. Potensi-potensi ini harus dipadukan dan bebas dari konflik kepentingan apapun untuk menjamin fasilitas keamanan publik," tuturnya.  

(nwk/nrl)


Sumber : http://news.detik.com/read/2012/12/19/153039/2122528/10/bandara-cengkareng-diimbau-kerja-sama-dengan-bandara-halim-saat-darurat?9922032

FacebookTwitterLinkedin

Kami Memberikan Kualitas Layanan yang Terbaik

BPPT merupakan Pusat Unggulan Teknologi yang mengutamakan inovasi dan layanan teknologi untuk mewujudkan kemandirian bangsa, peningkatan daya saing dan peningkatan pelayanan publik.

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id