2878
Hits

2 Hari Lagi BPPT Gelar Dialog Nasional TIK Untuk Pelayanan Publik

Administrator
12 Dec 2014
Layanan Info Publik

 

Dialog Nasional yang akan dilaksanakan dalam 2 hari ini akan mengundang sejumlah pembicara kunci dari Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK yaitu Menteri Ristek dan Dikti, Menteri Dalam Negeri, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta kementerian yang berhubungan secara langsung terkait penerapan pelayanan publik berbasis elektronik, seperti pemanfaatan KTP elektronik, e-Pemerintahan (e-Government), e-Pemilu dan pemungutan suara secara elektronik (e-Voting). Keseluruhan pembahasan akan diselarakan dengan Rencana Pitalebar Indonesia (RPI) yang telah menjadi agenda aksi dari berbagai kementrian dan lembaga. Untuk itu akan dihadirkan narasumber dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, Kepala Daerah, MASTEL, Industri dan komunitas TIK nasional.

 

Termasuk dalam rangkaian penyelenggaraan Dialog Nasional kali ini, akan digelar workshop aplikasi pelayanan publik (e-Government), pelatihan keamanan informasi, temu-mitra Pusat TIK dan IPTEKnet serta pameran yang memperlihatkan beberapa produk inovasi dan layanan TIK yang mendorong peningkatan dan penyediaan layanan publik, baik yang berupa hasil kerekayasaan BPPT, para mitra industri hasil kerjasama dengan BPPT maupun lembaga dan pemerintah daerah. Akan ditampilkan berbagai hasil kaji terap teknologi seperti: sistem pemilu elektronik, perangkat pembaca KTP elektronik, dan system e-pemerintahan, dan sistem informasi layanan publik berbasis elektronik lainnya.   

 

Materi yang akan dibahas dalam Dialog Nasional ini secara umum meliputi : (1) Strategi serta kebijakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung pelayanan publik, (2) Kesiapan dan ketersediaan teknologi dalam rangka implementasi pelayanan publik berbasis elektronik, (3) Inovasi serta best practices penggunaan TIK dalam pelayanan publik, khususnya di instansi pemerintah secara nasional.

 

Peserta dialog nasional ini berasal dari berbagai lembaga pemerintah pusat dan daerah, lembaga legislatif, penyelenggara Pemilu, industri, perguruan tinggi dan organisasi terkait pelayanan publik lainnya. Diharapkan para peserta bisa mendapatkan gambaran akan ketersediaan teknologi baik berupa perangkat maupun sistem pendukung pelayanan publik secara elektronik; dan melalui dialog serta workshop, para peserta bisa mendapatkan berbagai informasi dan berbagi pengalaman dari berbagai pihak yang telah terjun langsung dalam penyediaan layanan publik secara elektronik.

Dan pada akhirnya, diharapkan Dialog Nasional ini dapat membantu meningkatkan sinergi dan inovasi produk nasional untuk ikut serta berperan dalam menunjang penyediaan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat Indonesia sesuai dengan sasaran pembangunan nasional 2015-2019.

 

Sebagai informasi, Dialog Nasional merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh BPPT yang bertujuan untuk mempertemukan seluruh pemangku kepentingan baik dalam aspek penyusunan kebijakan publik, implementasi kebijakan teknologi, peran industri nasional serta partisipasi masyarakat sehingga dapat mewujudkan Prioritas Pembangunan 2015-2019. (PTIK/SYRA/Humas)