7955
Hits

20 Ribuan Pelamar Ikuti Seleksi CPNS BPPT (III)

Administrator
08 Oct 2013
Layanan Info Publik

 

Apa sih CAT itu, Toto menjabarkan bahwa CAT adalah suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian. Manfaat penggunaan CAT yaitu tersedianya keseluruhan materi soal terdiri dari Tes Pengetahuan Umum, Tes Kepegawaian, dan Tes Skala Kematangan. 

Disamping itu setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh aplikasi CAT. Sehingga kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan lembar Jawaban Komputer (LJK).

Usai tes CAT yang dilaksanakan di lantai 4 Gedung I BPPT, Panitia Seleksi CPNS BPPT setiap harinya juga mengadakan tes psikologi yang berlangsung di lantai 9 Gedung I BPPT. “Upaya ini dilakukan guna menghemat waktu penyelenggaraan seleksi CPNS, sekaligus menjaring pegawai yang bagus kondisi psikologinya,” terang Toto.

Sementara TKB merupakan tahap kedua setelah peserta seleksi penerimaan CPNS dinyatakan lulus pada tahap pertama (Tes Kompetensi Dasar), tidak semua formasi jabatan yang dilamar dilakukan tahap TKB ini. BPPT sendiri, lanjut Toto, akan melaksanakan tahapan TKB atau wawancara yang dimulai pada minggu ketiga November sampai minggu kedua Desember 2013. Adapun  guna kelancaran waktu ujian, Toto mengharapkan bagi peserta seleksi CPNS BPPT untuk menyiapkan segala kelengkapan, khususnya kartu peserta ujian dan KTP asli. (SYRA/humas)