2359
Hits

Ajak Cara Pengolahan Sampah yang Baik, BPPT Perkenalkan PLTSa Merah Putih

Administrator
24 Oct 2019
Layanan Info Publik

Kunjungan lapangan ke pilot project PLTSa di Bantar gebang Bekasi merupakan rangkaian kegiatan dari acara seminar dan temu bisnis pengolahan sampah kota yang telah diselenggarakan BPPT sehari sebelumnya.

 

Adapun kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat karya anak bangsa yakni pilot project PLTSa Merah Putih BPPT yakni teknologi pengolahan sampah yang dapat memusnahkan sampah secara cepat, volume turun signifikan, ramah lingkungan dan berbonus listrik, kata Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT Rudi Nugroho di sela kunjungan tersebut (24/10).

 

Dikatakannya, BPPT ingin menjadikan pilot project PLTSa ini untuk diadopsi kota-kota lain di Indonesia dalam pengolahan sampah menjadi energi. Selain itu juga untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara pengelolaan dan pengolahan sampah yang baik, ungkap Rudi.

 

Rudi menyampaikan bahwa ada beberapa fasilitas yang ditinjau diantaranya, tempat pembuangan akhir sanitary landfill Bantar Gebang, fasilitas waste to energy, penambangan gas metan, pembangkit listrik tenaga sampah dengan teknologi termal yang menghasilkan listrik (PLTSa) yang merupakan kerja sama BPPT dengan Pemda DKI dan fasilitas komposting serta pretreatment PLTSa.

 

Dengan kunjungan tersebut diharapkan para stakeholder dan peserta seminar mendapatkan informasi yang baik terkait pengolahan sampah kota untuk di jadikan acuan baik bagi pemerintah daerah, akademi maupun masyarakat luas, jelas rudi.

 

Sebagai indformasi, dalam kunjungan tersebut diikuti sekitar 130 peserta seminar yang terdiri dari pemerintah daerah, akademisi, pemerhati lingkungan serta industri yang melihat secara langsung kontribusi dan hasil inovasi BPPT dalam menangani masalah sampah kota, dimana saat ini sistem pre-treatment and PLTSa yang dikembangkan oleh BPPT masih merupakan hal yang baru bagi Indonesia. (Humas/HMP)