3942
Hits

Ajak Prilaku Hidup Sehat, BPPT Hadirkan Portable Hand Washer

Jakarta (14/04). Guna mencegah terjangkit virus corona, masyarakat diminta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir mimimal selama 20 detik. Kemudian hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci

 

Dalam mendukung upaya pemerintah guna pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19, BPPT berpartisipas melalui rekayasa portable hand washer. Mobile hand washer yang dikembangkan oleh BPPT ini berbahan tangki toren berkapasitas 300 liter, besi, siku, pipa, selang, keran, wastafel, sabun, tempat tisu dan tempat sampah. Masyarakat juga dapat membuat unit mobile hand washer ini sehingga mereka dapat secara rutin mencuci tangan di tempat padat penduduk.

 

Seperti disampaikan Kepala BPPT Hammam Riza bahwa, portable hand washer merupakan tempat cuci tangan portable yang dilengkapi wastafel dan sabun cuci dalam rangka meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Organisasi kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan panduan virus khusus covid-19.

 

Salah satu panduannya adalah sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk membunuh bakteri dan virus. Corona merupakan virus yang menular melalui sentuhan tangan. Namun sarana dan hand washer pada fasilitas umum di Indonesia masih belum memadai. Kondisi ini sangat memperihatinkan dengan adanya pandemi wabah covid-19.

 

BPPT lanjut Hammam, terpanggil guna berpartisipasi melalui rekayasa portable hand washer yang diharapkan bisa menjadi salah satu rujukan desain portable hand washer yang efisien dan mudah dibuat.

 

Tidak hanya itu, BPPT juga telah menyerahkan hasil inovasi pembuatan portable hand washer melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk selanjutnya didistribusikan ke beberapa fasilitas umum. BPPT juga menghibahkan dua unit kepada Rumah Sakit Persahabatan

 

Yudhaputra Tristanto selaku Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum Rumah Sakit Persahabatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPPT, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pelayanan di tempat kami.

 

Seperti diketahui, RS Persahabatan adalah salah satu rumah sakit umum yang  ditugaskan untuk melayani pasien Covid-19, mudah-mudahan dengan adanya Portable Hand Washer bisa membantu dalam rangka mempercepat penyembuhan dan penanggulangan Covid 19, pungkasnya. (Humas/HMP)