646
Hits

Balai Bioteknologi OR PPT BRIN Dukung Perekonomian Pertanian di Kecamatan Solear Melalui Inovasi Teknologi Produksi Pupuk Hayati Organik

Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (OR PPT BRIN) melalui Balai Bioteknologi gelar Bakti Inovasi Teknologi Produksi Pupuk Hayati Organik, dalam mendukung peningkatan perekonomian masyarakat dan petani di Desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang, 24/10/2021.

 

Anggota Komisi VII DPR RI Zulfikar Hamonangan yang turut hadir dalam bakti inovasi ini menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap upaya Balai Bioteknologi yang memperhatikan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pertanian

 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan Bakti Inovasi yang dilakukan Balai Bioteknologi BRIN ini karena inovasi yang dilakukan dapat langsung dirasakan  masyarakat. Saya berharap tidak hanya sampai dipelatihan, tapi Balai Bioteknologi BRIN dapat melakukan pendampingan berkelanjutan. Mudah-mudahan dari sini kecamatan Solear bisa menjadi kampung pupuk organik dan  pertanian Solear dapat menghasilkan produk unggulan", ucapnya.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Deputi Bidang Pemanfaat Riset dan Inovasi BRIN, Mego Pinandito. "Bakti inovasi teknologi produksi pupuk hayati organik yang diberikan Balai Bioteknologi ini memiliki potensi besar untuk mendukung peningkatan pertanian kita. Insya Allah, kita akan terus lakukan bakti inovasi teknologi seperti ini ke berbagai daerah lainnya agar pertanian di daerah lain juga turut berkembang. Melalui teknologi produksi pupuk hayati organik, tidak hanya mampu meningkatkan perekonomian dibidang pertanian, tapi efek jangka panjangnya ini dapat menjaga lingkungan kita. Sehingga generasi kita tetap bisa menikmati tanah yang subur", pungkasnya.

 

Sementara itu penanggung jawab bidang kesehatan dan pangan OR PPT BRIN, Soni Solistia Wirawan menyebut pelaksanaaan bakti inovasi yang dilakukan Balai Bioteknologi ini bukanlah kali pertama dilakukan, sebelumnya Balai Bioteknologi dibawah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang kini menjadi OR PPT BRIN sudah lebih dari lima tahun melakukan bakti inovasi di berbagai daerah di Indonesia.

 

"Kami sudah melaksanakan kegiatan Bakti Inovasi seperti ini di berbagai daerah di Indonesia, dari pulau Sumatera sampai Papua. Salah satu bakti inovasi yang dilakukan Balai Bioteknologi selain tentang teknologi produksi pupuk hayati organik seperti yang diikuti bapak/ibu, kami juga telah melaksanakan teknologi perbanyakan benih untuk berbagai jenis tanaman. Ini semua merupakan upaya kami dalam mendukung peningkatan perekonomian masyarakat di bidang pertanian, tuturnya.

 

Selain dilaksanakan pelatihan berupa paparan teori dan demontrasi produksi pupuk hayati organik kepada 72 masyarakat sekitar, Balai Bioteknologi juga diberikan satu paket alat produksi pupuk hayati organik yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Desa Cikuya, Kecamatan Solear.

 

Sebagai informasi tambahan, dalam bakti inovasi ini hadir juga perwakilan Kepala Desa Cikuya, Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang, Kepala Bidang Ketahanan Pangan, serta Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Tangerang. Pelaksanaan kegiatan ini tentunya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, yakni melakukan swab antigen untuk seluruh hadirin sebelum kegiatan berlangsung. -Humas Balai Bioteknologi (bby)