7676
Hits

BPPT-ASR: KOLABORASI DINAMIS UNTUK PENGEMBANGAN COASTAL OCEANOGRAPHY

Administrator
04 Jul 2011
Layanan Info Publik

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki garis pantai yang panjang. Dengan luasnya lautan Indonesia, menjadikan Indonesia kaya akan potensi kelautan yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan bangsa dengan menggunakan teknologi. Berlandaskan hal tersebut, sebagai lembaga pemerintah untuk kaji terap teknologi, BPPT senantiasa berkomitmen melakukan berbagai pengembangan teknologi. Salah satunya yakni melakukan kerjasama dengan lembaga teknologi lainnya, seperti dengan ASR International, LTD, Amerika Serikat.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Pengembangan Dinamika Pantai (BPDP) BPPT, Rahman Hidayat, mengatakan kerjasama dengan ASR International telah dirintis sejak 2005 lalu. Dengan adanya MoU ini, unit-unit teknis terkait lainnya di BPPT, juga akan dapat besama-sama melakukan kegiatan spesifik dengan ASR,ucapnya.

Kerjasama dengan BPPT, menurut Nick, adalah kerjasama yang diharapkan akan berdampak luas dalam pengembangan teknologi oceanography. Dikatakan pula olehnya, dengan garis pantai yang panjang, menjadikan Indonesia memiliki peran penting bagi dunia global.

Dalam kerjasama ini, kita akan berhadapan dengan peluang yang sangat besar, sekaligus juga tantangan yang besar pula. Kami (ASR red) sangat bersemangat melakukan penelitian bersama BPPT,kata Nick lebih lanjut.

Hal yang sama juga dikatakan Jumain, sesaat setelah melakukan penandatanganan. Bersama dengan ASR, BPPT akan terus melakukan upaya pengembangan teknologi, yang diharapkan akan berdampak besar bagi Indonesia. Kolaborasi ini, diharapkan juga akan mendorong sinergi yang dinamis, untuk berkembangnya teknologi coastal oceanography,papar Jumain.

ASR merupakan perusahaan konsultan kelas dunia di bidang kelautan yang berpengalaman baik dalam hal ilmiah maupun pemodelan. Tim ilmuwan ASR mencakup berbagai disiplin ilmu oseanografi, pemodelan proses pantai, dan ekologi laut. ASR adalah salah satu perusahaan yang membuat model paling canggih di dunia. Filosofi utama ASR adalah memahami,berinovasi dan berkelanjutan. ASR telah ikut berpatisipasi di Amerika Serikat, New Zealand, Eropa dan India. (SYRA/humas)