3892
Hits

BPPT Bantu Kab. Empat Lawang Terapkan E-Voting Dalam Pemilihan Kepala Desa

 

Dalam kunjungannya kali ini, Andrari Grahitandaru, Kepala Program Sistem Pemilu Elektronik BPPT mengatakan Empat Lawang sebagai pelaksana Pilkades e-voting serentak pertama di Indonesia secara luar biasa mampu melaksanakan pemilihan dengan baik. Walaupun dengan persiapan yang singkat, masyarakat sudah bisa menggunakan e-voting dan antusias menyambut pemilihan dengan sistem ini.

 

Bupati Kabupaten Empat Lawang, Budi Antoni Aljufri, yang sempat meragukan masyarakatnya dapat menggunakan teknologi tinggi ternyata dimentahkan oleh kondisi di tempat pemilihan, bahkan di desa yang paling jauh dan primitif. Ia menjelaskan, dilaksanakannya pemilihan gelombang pertama ditempat terjauh sengaja digunakan sebagai bahan acuan pemilihan gelombang selanjutnya, apabila pemilihan dapat berlangsung lancar, maka pelaksanaan gelombang selanjutnya dipastikan akan sukses.

 

"Melalui e-voting, demokrasi dapat disederhanakan, lebih jujur dan adil. Pertama, dari segi pembiayaan sangat murah sekali. Kedua, sampai gelombang terakhir tidak ditemukan indikasi kecurangan. Jika kami bisa membuktikan melaksanakan pemilihan dengan e-voting, mengapa kami harus kembali ke sistem yang lama," ungkap Budi.

 

Disinggung mengenai kemungkinan penggunaan e-voting dalam Pilkada, Andrari mengungkakan Pilkades Kabupaten Empat Lawang saat ini dapat dijadikan sebagai contoh pilot Pilkada e-voting pertama di Indonesia, dan diperkirakan Kabupaten Empat Lawang, Boalemo, dan Bantaeng dapat menjadi pelaksana pertama di Indonesia.

 

“Ketiga kabupaten tersebut tahun 2015 telah melakukan e-voting di seluruh desa, maka tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan pilot e-voting dalam pemilihan kepala desa, terlebih sudah ada Undang-Undang No. 1 Tahun 2015 yang mengakomodir e-voting dalam Pilkada dan kita tinggal menunggu peraturan dari KPU," pungkasnya. (Humas)