5464
Hits

BPPT Bantu Kota Probolinggo Lakukan Pengelolaan Lingkungan Perkotaan

 

Sri Wahyono Kepala Bidang Tata Kelola Lingkungan, Pusat Teknologi Lingkungan (PTL-BPPT), mengatakan untuk melakukan pengembangan teknologi terkait dengan pengelolaan lingkungan perkotaan dalam rangka menuju pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. BPPT sebagai lembaga pemerintah yang bertugas mengembangkan, mengkaji dan menerapkan teknologi, saat ini telah memperpanjang kerjasamanya dengan Pemerintah Kota Probolinggo untuk melakukan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

"Kerjasama BPPT dan Pemkot Probolinggo bermula sejak tahun 2008 lalu berupa aplikasi teknologi konversi sampah kota menjadi pupuk organik granul dalam rangka ketahanan pangan. Kemudian kerjasama itu berlanjut pada tahun 2013 berupa riset konversi sampah menjadi biogas dalam rangka pengembangan energi terbarukan," kata Sri Wahyono dalam surelnya, (10/5).

Sementara itu, perpanjangan kerjasama antara BPPT dan Pemkot Probolinggo kembali dilaksanakan dengan melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada tanggal 2 Mei 2014 lalu di Probolinggo. Naskah kerjasama yang ditandatangani itu akan memayungi beberapa kegiatan yang dilakukan pada tahun 2014 dan 2015 yang difokuskan pada pengelolaan lingkungan hidup.

Sri Wahyono menyampaikan, kegiatan pengelolaan lingkungan hidup itu meliputi pengembangan dan penerapan teknologi pengelolaan limbah cair dan limbah padat, konservasi mangrove dan pengembangan kota hijau (green city).

"Kegiatan pengembangan dan penerapan teknologi pengelolaan limbah cair yang akan dilaksanakan berupa revitalisasi instalasi pengolahan air lindi TPA. Sedangkan teknologi pengelolaan limbah padat antara lain meliputi perancangan dan pembangunan TPA sanitary landfill yang baru, pengembangan biogas limbah ternak, industri tahu dan pemurnian biogas dan penabungannya," ujar Sri Wahyono.

"Semoga kerjasama ini berjalan baik dan sukses demi terciptanya pembangunan Kota Probolinggo yang berkelanjutan," tutup Sri Wahyono. (tw/SYRA/Humas)