3557
Hits

BPPT DUKUNG KABUPATEN BADUNG TINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DENGAN TEKNOLOGI

 

“Kesepakatan ini merupakan ikrar bersama dalam menyiapkan piranti yang diharapkan dapat mendukung pembangunan berkelanjutan di Badung. Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi awal kerja sama pada bidang lainnya sehingga dapat mengembangkan berbagai potensi daerah. Teknologi informasi dipandang strategis dalam mewujudkan sistem aplikasi teknologi dalam membangun sistem yang terintegrasi dalam pembangunan pada berbagai bidang dan lintas sektor. BPPT menyambut baik komitmen Pemkab Badung menerapkan aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang PKT, Tatang A Taufik.

TIK, menurut Tatang menjadi kunci perkembangan suatu daerah. Sebab jika Sumber Daya Manusia (SDM)nya paham dan melek teknologi maka berbagai sektor bisa maju seperti industri. “Kalau kita bisa mengakses internet kita bisa jual beli on line sehingga perekonomian dari masyarakat bisa dikenal oleh masyarakat luas, dan perkembangan  perekonomian pun akan terjadi semakin pesat,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Badung, Anak Agung Gde Agung menyadari pentingnya peran TIK dalam penyelenggaraan pemerintahan di era digital yang berkembang pesat saat ini. Terutama dalam pengelolaan anggaran, pengelolaan informasi serta sistem manajemen dan proses kerja instansi pemerintahan.

Penggunaan TIK ini, diungkapkan Anak Agung bisa diterapkan dalam pembayaran pajak yang sampai saat ini sudah diaplikasikan di Badung. “Dan dengan adanya kerja sama dengan BPPT ini, kinerja dan kualitas akurasinya semakin bisa ditingkatkan, termasuk jumlah pajak itu sendiri,” urainya.

"Yang pasti kami berterima kasih kepada BPPT yang telah menyambut baik obsesi kami untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang berbasis teknologi. Dengan teknologi ini tentunya diharapakan pelayanan akan lebih bersifat efisien, efektif dan transparan. Kerjasama ini juga sebagai wujud keseriusan kami dalam membangun Kabupaten Badung dalam rangka mempercepat Badung yang e-Government," ujarnya.

Semantara itu Kepala Balai Ipteknet, Irwan Rawal Husdi mengatakan bahwa kerjasama tersebut merupakan bagiana dari implementasi e-government yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik serta meningkatkan efisiensi, efektifitas serta transparansi dan akuntabilitas penyelengaraan pemerintahan. “Dukungan BPPT pada kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari pelaksanaan salah satu misi BPPT yaitu memacu perekayasaan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik instansi pemerintahan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama dilakukan pula penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Balai Ipteknet dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika mengenai Penyediaan Jasa Sewa Layanan Koneksi Bandwith dan Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi di Pemerintah Kabupaten Badung. (SYRA/humas)