4655
Hits

BPPT Dukung Pembangunan Kawasan NSTP Maritim Kabupaten Penajam Paser Utara

 

 

Lanjut Unggul, saat dicanangkan rencana pembangunannya oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman saat itu, Indroyono Soesilo, program NSTP Maritim PPU hingga saat ini masih dalam tahap persiapan.

 

Beberapa kegiatan inovasi dan layanan teknologi BPPT menurut Unggul telah dilakukan guna mendukung rencana pembangunan secara teknis dan mengembangkan potensi unggulan daerah, sekaligus mempertimbangkan faktor-faktor kunci pembangunan kawasan NSTP Maritim.

 

Unggul berharap, output dari FGD ini adalah suatu kesepakatan dari para pembuat kebijakan yang dapat dijadikan sebagai acuan bagi implementasi rencana pembangunan NSTP Maritim PPU ini.

 

Sementara, Wakil Bupati Penajam Paser Utara Kalimantan Timur Mustaqin MZ menyatakan Kabupaten PPU, ditunjuk sebagai NSTP karena memiliki letak geografis yang  strategis yakni berada di tengah-tengah Indonesia yang bebas gempa dan tsunami karena berada di Teluk Balikpapan. Ia menggambarkan, ketika kita membuat lingkaran titik tengah tersebut adalah Penajam.

 

Potensi maritim provinsi Kalimantan Timur menurut Mustaqin sangat besar diantaranya meliputi potensi bidang perdagangan antar wilayah, minyak dan gas bumi, potensi perikanan dan kelautan menyumbang 5,02% hasil produksi perikanan tangkap laut nasional. Mustaqin menambahkan, potensi yang lainnya yakni pelabuhan KIPI Maloy, pelabuhan Balikpapan dan pelabuhan Benuo Taka, serta pengintegrasian kawasan industri Buluminung dan kawasan industri Kariangau.

 

Jika potensi-potensi tersebut tergarap maksimal, diyakini mempunyai daya ungkit yang cukup besar untuk membangun kembali kejayaan Indonesia sebagai negara maritim, ungkap Mustaqin. (Humas/HMP)