4008
Hits

BPPT Gelar Workshop Kepemimpinan dalam Institusi Teknologi

Administrator
30 Aug 2016
Layanan Info Publik

 

 

Sekretaris Utama BPPT kemudian menyebut bahwa forum ini harus dijadikan oleh para Pejabat Eselon II di BPPT sebagai sarana konsultasi permasalahan di unit kerja, yang harus dimanfaatkan secara optimal.

 

"Mari kita gali materi disini. Diskusi jangan hanya satu arah. Tapi gali lah informasi dari kasus nyata dan temukan pemecahannya bersama-sama agar dapat diterapkan di kantor," kata Soni. 

 

Lebih lanjut dipaparkan Soni bahwa kerjasama dengan TCF ini, intinya adalah bagaimana pelayanan teknologi dapat sampai ke masyarakat. "Bagi kita BPPT, yang penting  adalah bagaimana upaya untuk membangun kemitraan dengan pihak yang strategis, agar hasil inovasi kita digunakan," tegasnya.

 

Soni juga mengingatkan kepada seluruh peserta workshop untuk tidak cepat puas dengan hasil yang telah diraih. "Inovasi, jangan menjadikan kita merasa pintar sendiri. Kita harus juga bandingkan keluar, agar capaian kita juga terus meningkat," jelasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Senior TCF bidang Teknologi dan Inovasi, Shaun Coffey, menuturkan bahwa  hal terpenting mengenai kepemimpinan atau manajerial  adalah menyangkut masalah hubungan. "Kepemimpinan adalah bagaimana kita dapat menata cara, ketika bekerja dengan orang lain," katanya.

 

Shaun juga menyampaikan sebuah fenomena mengenai beda BPPT dulu dan sekarang. Dahulu kata Shaun, memang BPPT begitu dikenal di Indonesia. Untuk itu kita harus bisa mencapai kondisi yang sama.

 

"Agar BPPT terus eksis dan maju, caranya adalah,  Arahkan organisasi BPPT sesuai dengan visi awal didirikannya serta tunjukkan peran dalam pembangunan Indonesia," terangnya. 

 

Mengenai Workshop yang diselenggarakan oleh Biro Hukum Kerjasama dan Humas BPPT ini, Shaun lantas menjelaskan bahwa peserta akan diminta untuk memikirkan 3-4 hal untuk memajukan teknologi di Indonesia, khususnya memajukan BPPT. "Ini adalah tantangan untuk kita bersama, yakni bagaimana caranya agar BPPT semakin maju dan terus dapat menunjukkan eksistensinya bagi Indonesia," pungkasnya.

 

Sebagai informasi Kepala Biro Hukum Kerjasama dan Humas BPPT, Ardi Matutu dalam laporannya menyebut bahwa acara ini akan berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh 60 peserta yang merupakan perwakilan dari unit kerja di lingkungan BPPT.   (Humas/sp)