5023
Hits

BPPT Hadirkan Inovasi Sistem Cerdas Pencari Ikan, Bantu Nelayan Cari Ikan

 

SIKBES Ikan lanjut Yudi diharapkan pihaknya dapat digunakan secara nasional dan untuk berbagai kepentingan terkait. "Sistem ini tak hanya andal untuk mencari lokasi ikan, namun dapat juga digunakan untuk keperluan pariwisata, bahkan memberantas penangkapan ikan yang ilegal atau illegal fishing," jelasnya.

 

 

Lebih lanjut, ketua tim pengembang Sikbes Ikan dari Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Wilayah (PTPSW) BPPT, Muhamad Sadly menyebut bahwa sistem Sikbes Ikan ini berupa integrasi sistem pakar, atau Knowledge-Based Expert System (KBES), Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dan Sistem Informasi Geografis (GIS).

 

 

"Kalau ada yang ingin lihat fungsi dari Inovasi SIKBES Ikan BPPT ini juga dapat di akses pada tautan: http://tisda.bppt.go.id/sikbes," ujar Sadly.

 

 

Sistem ini tambah Sadly, diupayakan untuk dapat menyediakan informasi yang tepat mengenai lokasi potensi keberadaan ikan. Selain itu dengan bantuan satelit, diharapkan sistem ini mudah diakses secara cepat dan akurat.  

 

"Aplikasi Sikbes Ikan ini dapat memberikan manfaat besar bagi para nelayan, utamanya untuk mengetahui waktu yang tepat untuk berlayar serta lokasi yang akan dituju untuk menangkap ikan," jelasnya.

 

 

Mulai dikaji terap sejak 2007, anggota tim pengembang Sikbes Ikan, Awaluddin menyampaikan bahwa sistem ini terus bertambah fungsi nya. Jika dulu hanya bisa mencari lokasi ikan, sekarang sudah bisa mengetahui cuaca serta informasi pasang surut air laut.

 

"Saat ini makin banyak informasi yang disajikan dalam SIKBES Ikan. Seperti informasi cuaca tentu akan sangat membantu nelayan terhindar dari ancaman bahaya ketika mencari ikan," pungkasnya. (Humas)