2774
Hits

BPPT Hadirkan Teknologi Antisipasi Gempa Bumi di Kota Besar (I)

 

 

“Upaya tersebut, harus bisa digalang melalui sinergi dengan berbagai K/L, Pemerintah Daerah dan Industri, sehingga produk-produk Teknologi yang dihasilkan dapat diproduksi dengan biaya yang rendah, bersifat masai, memenuhi standar kualitas Industri, dan memiliki keberlangsungan serta ketersediaan yang bersifat permanen,” paparnya dalam acara Workshop Kesiapan Kota- Kota Besar Menghadapi Gempa Bumi di Kantor BPPT, Jakarta, Kamis (27/09/2018).

 

Inovasi Teknologi kebencanaan sebutnya, merupakan kata kunci yang mencoba mengoptimalkan peran Teknologi bagi kesiapan kita dalam menghadapi bencana, yang juga dapat menumbuhkan sebuah kekuatan industri baru, yakni Industri yang bergerak di bidang Kebencanaan Indonesia.

 

“Teknologi ini bertujuan untuk; Pertama, membangun ketangguhan dalam menghadapi kemungkinan gempa bumi melalui mitigasi, pencegahan dan kesiapsiagaan. Kedua, memberikan dukungan percepatan bagi proses tanggap darurat, dan ketiga yakni penerapan teknologi dalam proses pemulihan pasca bencana,” rincinya.

 

Terkait inovasi dan teknologi kebencanaan inipun disebut Deputi TPSA, telah dijabarkan dalam Outlook Teknologi Kebencanaan BPPT 2018. Ditekankan olehnya bahwa sinergi antar pemangku kepentingan, khususnya industri mutlak diperlukan.

 

"Penguatan inovasi teknologi kebencanaan dilakukan dengan adopsi revolusi industri 4.0 yang mengedepankan bigdata, kecerdasan buatan untuk modeling dan prediksi bencana," pungkasnya. (Humas/HMP)