5267
Hits

BPPT Hibahkan Kapal Patroli Cepat Ke Pemerintah Kabupaten Belitung Untuk Riset



Kepala BPPT, Marzan A. Iskandar, mengatakan bahwa hibah kapal patroli cepat Sephull Bubble Vessel dan uji operasinya akan terus dipantau oleh BPPT dalam hal ini UPT Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika (BPPH) untuk perbaikan dalam riset selanjutnya.  

"Banyak hal yang bisa dikerjasamakan antara BPPT dengan Pemerintah Kabupaten Belitung. Selain Kapal Patroli Cepat Sephull Bubble Vessel, ada beberapa sektor yang merupakan prioritas dari Kabupaten Belitung, antara lain sektor perhubungan yang bisa dikerjasamakan dengan Kedeputian TIRBR, sektor Pariwisata yang bisa diberikan advokasi dan asistensinya dengan kedeputian PKT serta sektor perikanan yang bisa bekerjasama dengan kedeputian TAB. Dan khususnya untuk perikanan, di BPPT juga mengembangan Perikanan Budidaya, untuk air tawar, air payau dan air laut”, kata Marzan.

Sementara, Kepala UPT BPPH BPPT, Erwandi menyampaikan bahwa acara hibah ini merupakan bentuk realisasi dari Nota Kesepahaman antara BPPT dengan Pemerintah Belitung yang telah ditandatangani pada 1 Februari 2012 lalu.  

"Selain itu, ada juga Perjanjian Kerjasama antara UPT BPPH BPPT dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung yang ditandatangani pada 2 November 2012 lalu untuk memanfaatkan Kapal Hasil Riset UPT BPPH BPPT melalui mekanisme hibah," ujar Erwandi.

Sambutan Bupati Belitung, yang disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Mirang Uganda, mengucapkan rasa  terima kasihnya kepada BPPT atas bantuan kapal patroli cepat  Sephull Bubble Vessel. Dia berharap semoga kerjasama ini dapat ditingkatkan lagi untuk memperlancar khususnya dalam pengelolaan potensi kekayaan bahari.

"Penataan zonasi laut merupakan perhatian serius dari Pemda Belitung, sehingga pembangunan pesisir dan kelautan dapat lebih sinergis dan berkembang.  Untuk itu, Pemeritah Kabupaten Belitung berharap agar BPPT melalui inovasi teknologinya dapat terus mendukung Kabupaten Belitung dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam secara berkelanjutan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di kemudian hari," kata Mirang.

Setelah acara penandatangan, acara dilanjutkan dengan uji coba kapal patroli cepat Sephull Bubble Vessel oleh Kepala BPPT, Deputi TIRBR dan Kepala BPPH BPPT serta beberapa pejabat dari Pemerintah Kabupaten Belitung untuk mengelilingi lautan di sekitar Tanjung Pendam Belitung.

Sebelumnya, telah dilaksanakan pelepasan tukik atau anak penyu sebanyak 250 ekor yang merupakan hasil dari penangkaran salah satu kelompok nelayan dalam memperbaiki lingkungan pesisir di Pantai Tanjung Pendam Belitung. (tw/UPT BPPH/SYRA/Humas)