4904
Hits

BPPT-Jepang Gelar Pelatihan Pendugaan CO2 di Lahan Gambut

 

Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam (PTISDA) BPPT, Muhamad Sadly mengatakan kerjasama ini merupakan implementasi dari kegiatan Indonesia Japan Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (IJ-REDD+).

 

"Yaitu antara pemerintah Jepang dan Indonesia yang dalam pelaksanaannya diwakili oleh Univesitas Hokkaido dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah," kata Sadly.

 

Sadly menjelaskan, pada pelatihan dasar ini diberikan dua cara pendugaan emisi karbon. Pertama berdasarkan dari data bor untuk menduga emisi dari sampel gambut.  

 

"Kedua berdasarkan perubahan muka air lahan gambut. Pelatihan meliputi lecture di kelas dan pengukuran di lapangan. Peserta terdiri dari 16 orang yang berasal dari dinas dan departemen yang berkaitan denan lahan gambut, Univesitas Palangkaraya dan BPPT," jelas Sadly.

 

Adapun PTISDA BPPT bertanggung jawab mengkaji dan menerapkan teknologi pengukuran muka air gambut yang bernama SESAME.

 

"Teknologi ini merupakan sistem telemetri dengan sensor untuk penentuan muka air, curah hujan dan pergerakan tanah. Data dikirimkan secara real time yang dihimpun di server BPPT yang berada di Geostech Laboratory-BPPT," pungkasnya. (Humas)