2218
Hits

BPPT Luncurkan Korpus Wicara Di Acara ICoDIS 2018

 


Korpus merupakan sebuah data base bahasa yang yang selama ini sudah dikembangkan BPPT, kata Deputi Bidang TIEM BPPT Eniya Listiani Dewi di sela acara tersebut.


Dikatakan Eniya, Korpus yang diluncurkan ini sudah dipatenkan, data ini bisa digunakan nantinya untuk mengembangkan bahasa-bahasa yang kita pakai, seperti nantinya  proses interaksi antara manusia dengan robot.

 

Data ini pun bisa digunakan untuk aplikasi di telekomunikasi sehingga kalau kita telepon yang jawab sudah bukan operator lagi tetapi yang jawab mesin, ini semacam base dari big data, jelas Eniya.

 

Menurutnya, ini merupakan program yang akan dikembangkan kedepannya untuk lebih mendekatkan proses bagaimana mempersiapkan Indonesia untuk industri 4.0, jadi pengolahan analisis data suara masuk kedalam sini.

 

Dengan adanya Korpus yang sudah dipatenkan ini bisa digunakan dengan legal melalui kerjasama dengan BPPT. Kedepan kita ingin persiapan pemanfaatan ini bukan hanya ke robot, tapi bisa ke sistem-sistem yang dekat dengan kita seperti perbankan, telekomunikasi dan masih banyak lagi untuk bisa diterapkan, tutup Eniya.

 

Sebagai informasi hadir juga pada acara tersebut Rektor Universitas Telkom Adwijaya, Yohei Murakami dari Unversitas Ritsumeikan serta para akademisi dari berbagai universitas. (Humas/HMP)