1525
Hits

BPPT - Lund University Sepakat Jalin Kerjasama Kembangkan Ekonomi Hijau

Administrator
21 Aug 2019
Layanan Info Publik

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lund University lakukan penandatanganan dan Perjanjian Pelaksana tentang Kemitraan Sains dan Teknologi untuk Pengembangan Ekonomi Hijau, penandatanganan ini untuk memperbarui MoU sebelumnya yang ditandatangani pada Juni 2016 di BPPT, (21/09).

 

Kepala BPPT Hammam Riza di kesempatan tersebut mengatakan, BPPT telah mengembangkan kerja sama timbal balik dengan Lund University sejak 2016, namun, kami belum memiliki perjanjian implementasi pada saat itu. Realisasi kerja sama ini  baru saja didirikan dengan penandatanganan MoU dan Perjanjian Pelaksana yang telah dilakukan bersama.

 

Dikatakan Hammam, BPPT sebagai lembaga penelitian pemerintah memiliki tugas untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi untuk meningkatkan daya saing dan pembangunan ekonomi.

 

Sehingga kolaborasi dengan Lund University  sangat penting dan strategis karena relevan dan mendukung program dunia tentang tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) termasuk di Indonesia dan Swedia, tutur Hammam.

 

Kerja sama timbal balik antara BPPT dan Lund University telah dilakukan dan memberikan beberapa manfaat bagi kedua belah pihak.

 

Adapun beberapa manfaat, Hammam menyebut diantaranya pelatihan teknis tentang bioteknologi serta pelatihan mengenai pengembangan technopark yang didukung oleh Program Riset Pro Kemenristekdikti.

 

Semoga kerjasama ini dapat segera dimplementasikan guna meningkatkan penguasaan teknologi dan inovasi untuk percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan, pungkasnya. (Humas/HMP)