8229
Hits

BPPT MEMPERINGATI HARI NUSANTARA KE 12

Administrator
13 Dec 2011
Layanan Info Publik

Demikian antara lain dikatakan Kepala BPPT, Marzan A Iskandar dalam sambutannya saat menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Nusantara ke 12 di BPPT (13/12). Upacara peringatan Hari Nusantara yang mengambil tema Melalui Peringatan Hari Nusantara Kita Perkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Dalam Wadah NKRI Dengan Meningkatkan Kemampuan Pertahanan Dalam Rangka Menuju Negara Maritim tersebut diikuti oleh Pegawai BPPT dan Kementerian Riset dan Teknologi.

Lebih lanjut dikatakan Marzan, pada hakekatnya Peringatan Hari Nusantara bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Bangsa Indonesia dengan cara membangkitkan, menggugah dan membangun semangat bangsa, untuk mengenal dan memahami jati diri bahwa Indonesia merupakan Negara Kepulauan terbesar di dunia yang bercirikan nusantara. Peringatan Hari Nusantara ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI, mendorong semangat seluruh komponen bangsa untuk membangun ketahanan nasional, khususnya di daerah perbatasan dan pulau kecil terluar, mengiginkan kembali kejayaan masa lalu bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim serta meningkatkan kesadaran bela negara dan cinta tanah air, jelasnya.

Di sisi lain masyarakat Indonesia yang hidup di daerah perbatasan, utamanya dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina, pada dasarnya ke-Indonesiaan mereka hanyalah secara politik, sedangkan dari aspek ekonomi dan sosial budaya, pengaruh Negara tetangga sangat dominan, sehingga terjadi degradasi ke Indonesiaan, khususnya lunturnya semangat persatuan dan kesatuan bangsa dan melemahnya kesadaran bela Negara.

Fenomena tersebut diatas, akan menjadi sumber ancaman yang sangat potensial ditinjau dari sisi pertahanan dan keamanan negara, karena sendi-sendi ketahanan nasional semakin lemah. Di saat-saat seperti ini kita perlu mengingatkan kembali pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa yan kokoh kepada seluruh komponen bangsa. Kita harus memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI, untuk menyukseskan pembangunan nasional demi mewujudkan masa depan yang lebih baik, yaitu Indonesia yang bersatu, demokratis, adil, makmur dan sejahtera secara merata di seluruh pelosok tanah air, tutupnya. (SYRA/humas)