3315
Hits

BPPT: Pentingnya Cyber Security System Dalam Jaringan Cerdas ‘Smart Grid’

 

 

Dalam rangka kita mencapai kedaulatan energi banyak cara yang harus ditempuh, menurut Hammam ini merupakan kemampuan bangsa untuk menetapkan kebijakan mengawasi pelaksanaannya dan memastikan jaminan ketersediaan energi selaras dengan tujuan dan sasaran kepentingan nasional.

 

Sementara, General Manager PT. PLN DISJAYA M. Ikhsan Asaad mengungkapkan, ini menjadi momentum yang baik untuk berpikir kedepan bagaimana membuat Jakarta lebih baik dalam hal kelistrikan.

 

Menurutnya, kita harus sudah mulai mengimplementasikan smart grid karena teknologi ini tidak bisa ditolak dan sudah menjadi tuntutan dari perkembangan teknologi informasi dewasa ini.

 

Sudah saatnya PLN bekerjasama dan menjalin sinergitas dalam mewujudkan jaringan cerdas serta mengupayakan sistem keamanan bagi jarngan cerdas itu sendiri, sehingga kita bisa mengantisipasi dan tidak telat nantinya, jelas Ikhsan.

 

Eddie Widiono yang juga pendiri PJCI (Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia), smart grid sendiri menurutnya adalah memberikan kecerdasan pada jaringan. Eddie menyampaikan pihaknya mendukung setiap langkah PT. PLN dan lembaga terkait untuk dapat membantu mewujudkan smart grid yang aman di Indoensia.

 

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara BPPT dengan PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya juga dengan Organisasi yang fokus pada ketenaga listrikan PJCI (Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia). Tujuan dari penandatanganan tersebut adalah agar ketiga Lembaga terkait dapat bersinergi menerapkan dan mewujudkan jaringan cerdas di Indonesia khususnya di Jakarta. (Humas/HMP)